IHT SMAN 1 Ciranjang Tingkatkan Kualitas Guru

SMAN 1 Ciranjang menyelenggarakan program 'In House Training (IHT)'

RADARCIANJUR.com – Upaya meningkatkan kualitas kinerja guru, SMAN 1 Ciranjang menyelenggarakan program ‘In House Training (IHT)’, dilaksanakan pada awal tahun pembelajaran Tahun 2019-2020.

IHT merupakan salah satu program sekolah yang diikuti oleh seluruh guru di SMAN 1 Ciranjang.

Bagian Kurikulum SMAN 1 Ciranjang, Udin Samsudin mengatakan, IHT merupakan salah satu program rutin tahunan sekolah. Produk yang dihasilkan dalam IHT yakni berupa pembuatan dan pengembangan buku panduan guru sebagai dokumen persiapan guru di kelas khususnya untuk tahun ajaran baru.

“Tujuan tergelarnya IHT yakni mengembangkan potensi guru mengenai mata pelajaran dan meningkatkan kompetensi model-model pembelajaran berdasarkan evaluasi tahun sebelumnya. Sehingga temuan-temuan tersebut akan dikembangkan pada tahun yang akan datang yakni 2019-2020,” katanya.

Selain itu, untuk meningkatkan kompetensi di bidang pengetahuan tentang pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang harus dikembangkan guru tersebut berdasarkan temuan-temuan sebelumnya yang dikembangkan, dievaluasi dan dianalisis. Sehingga kelemahan tahun sebelumnya akan diketahui.

“Kelemahan itu akan menjadi cambuk bagi kita untuk menemukan solusinya. Sehingga dapat ditemukan pengembangan atau model yang lain dan cocok dengan siswa-siswa sekarang ini. Pasalnya, biasanya penemuan tersebut sangat berarti bagi seorang guru,” jelasnya.

(riz)