1400 Guru Honorer di Wilayah Kemenag Cianjur Dapatkan Sertifikasi

1400 guru honorer di wilayah Kementrian Agama Kabupaten Cianjur mendapatkan tunjangan sertifikasi.

RADARCIANJUR.com – Sebanyak 1400 guru honorer di wilayah Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Cianjur mendapatkan tunjangan sertifikasi.

Kasi Madrasah dan Pendidikan Dasar Kementrian Agama Kabupaten Cianjur, Hamdan mengatakan, tunjangan tersebut diberikan khusus kepada mereka yang sudah mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG) selama satu hingga dua tahun mulai jenjang RA, MI, MTs dan MA.

“Jadi guru honorer yang berkesempatan mendapatkan tunjangan sertifikasi harus mengikuti PPG selama satu hingga dua tahun disekolah. Setelah itu, jika lolos dalam PPG, baru akan mendapatkan tunjangan sertifikasi sebesar Rp1,5 juta perbulannya,” ujarnya.

Ia menjelaskan, Pendidikan Profesi Guru adalah pendidikan tinggi setelah program pendidikan sarjana, yang mempersiapkan peserta didik untuk memiliki pekerjaan dengan persyaratan keahlian khusus dalam menjadi guru.

“Pendidikan Profesi Guru harus ditempuh selama satu hingga tahun setelah seorang calon lulus dari program sarjana kependidikan maupun non sarjana kependidikan. PPG merupakan program pengganti akta IV,” jelasnya.

Sedangkan untuk jumlah RA di Kabupaten Cianjur sebanyak 193 lembaga, MI 235 lembaga, MTs 165 lembaga, serta MA sebanyak 65 lembaga.

“Kalau Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) ada dua lembaga, MTs.Negeri ada tujuh lembaga dan MA Negeri ada tiga lembaga,” paparnya.

(riz)