Bule Ceko Meditasi di Gunung Padang

SPIRITUAL: Salah seorang WNA asal Republik Ceko secara khusus mendatangi Gunung Padang untuk melakukan meditasi sekaligus berwisata. Selama beberapa hari, WNA tersebut bermalam di situs megalitikum tersebut.

RADARCIANJUR.com – Dua warga negara asing asal Republik Ceko belajar meditasi ketenangan di Cagar Budaya Nasional Gunung Padang di Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka Mulaya.

Dua bule tersebut mengaku sengaja mendatangi Gunung Padang setelah mengetahui keberadaan peninggalan zaman megalitikum tersebut dari teman dan internet.

Keduanya langsung dipandu oleh juru pelihara Gunung Padang, Nanang. Dua turis asing yang datang menjelang sore hari ini sangat mengagumi keberadaan cagar budaya Gunung Padang.

Kepada Nanang keduanya menyebut sangat terkesan dengan adanya cagar budaya tersebut.

“Keduanya berkata Gunung Padang merupakan tempat yang indah, sangat nyaman dan sejuk bikin susana tenang dan damai,” kata Nanang, kemarin.

Dengan bangga, Nanang menceritakan sejarah dan keberadaan Gunung Padang yang hingga saat ini banyak dikunjungi wisatawan dalam dan luar negeri.

“Saya fokus mengajarkan beberapa meditasi yang biasa dilakukan beberapa pengunjung lainnya,” kata Nanang.

Nanang mengatakan, dua bule asal Ceko juga ternyata merasakan energi di Gunung Padang.

“Mereka berkata jika Gunung Padang ini memiliki enegi yg sangat kuat,” kata Nanang.

Nanang mengatakan, meditasi sangat baik untuk memokuskan pikiran dan ketenangan, terutama untuk kejiwaan.

“This site or temple the big energi and very strong, beautiful and amazing,” terang Nanang menirukan ucapan salah satu bule tersebut.

Nanang berharap dua bule tersebut membawa oleh-oleh cerita untuk disampaikan kepada teman mereka di negara Ceko agar Gunung Padang semakin terkenal di dunia.

(dil)