Harga Buah-buahan di Pasar Cipanas Anjlok, Ini Penyebabnya

FOTO: DADAN SUHERMAN/ RADAR CIANJUR

RADARCIANJUR.com -Harga buah-buahan dan sayur di Pasar Cipanas mengalami penurunan hingga mencapai 50 persen. Hal tersebut dikarenakan permintaan dari konsumen yang berkurang, serta stok barang yang cukup berlimpah.

Seperti yang dikatakan salah seorang penjual buah-buahan di lantai satu, Pasar Cipanas, Andri (30). Penurunan harga buah dan sayuran tersebut dipicu oleh musim buah yang mengalami peningkatan stok.

Contohnya seperti harga semangka yang semula Rp16 ribu per kilogram kini anjok menjadi Rp8.000 per kilogram. Sama halnya dengan anggur merah yang semula Rp80 ribu turun menjadi Rp70 ribu per kilogram.

“Iya mungkin karena stok di petani cukup banyak, yang otomatis ke pedagang pun barangnya ada terus, tetapi permintaan pembeli yang kian hari kian menurun,” kata Andri.

Andri mengaku, minggu-minggu ini penghasilannya tidak bisa ditebak. Jika biasanya sehari bisa mencapai Rp1 juta, kini menurun paling sekitar Rp500 ribu. Sementara pengeluaran seminggu kemarin lebih dari itu.

“Memang sudah seminggu ini sejumlah buah-buahan mengalami penurunan harga. Apalagi buah semangka, karena mungkin sedang musimnya lagi,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala UPTD Pasar Cipanas yang diwakili Kasubag Tata Usaha Pasar Cipanas, Suganda mengatakan, penurunan ini memang biasanya diakibatkan dari pasokan buah maupun sayur yang berlimpah. Baik itu dari agen maupun tengkulak sayur.

“Kalau dari petani juga mungkin bisa menjadi salah satu alasannya. Artinya, petani itu kan waktu tanamnya melihat dari musim. Kalau musim seperti ini, pasti si petani menanam yang bisa tumbuh,” jelasnya.

Harga sayuran yang kini sedang mengalami penurunan dikatakan Suganda, di antaranya adalah wortel yang semula harganya Rp14 ribu, kini berkisar Rp10 hingga Rp12 ribu per kilogram. Sedangkan bawang merah batu, semula Rp30 ribu, kini menjadi Rp25 ribu per kilogram.

“Jadi kisaran turunnya itu antara lima sampai sepuluh persen untuk harga sayur. Sedangkan buah-buahan penurunannya bisa mencapai 50 persen,” terangnya.

Suganda menambahkan, harga sayuran lainpun ikut turun. Seperti sayur kol, yang semula dihargai Rp8 ribu, kini ada yang menjual Rp6 ribu atau Rp7 ribu per kilogramnya. Sedangkan cabe rawit hijau, semula Rp70 ribu, kini menjadi Rp60 ribu per kilogram.

“Harga-harga inilah yang kini sedang mengalami penurunan di pasar Cipanas. Mudah-mudahan saja baik pembeli maupun penjual bisa sama-sama tetap diuntungkan. Walaupun kini, untuk harga cabe rawit merah domba masih naik,” tandasnya.(dan)