Rumah Janda Tua Ludes Terbakar

Ilustrasi

RADARCIANJUR.com -Satu unit rumah semi permanen milik Yati (50) warga Kampung Padakati RT 03/04 Desa Tegalega Kecamatan Warungkondang ludes dilalap sijago merah, sekitar pukul 17.00 Wib, Kamis (1/8).

Akibat kejadian itu seluruh barang berharga milik korban tak bisa diselamatkan lantaran kobaran api yang sangat besar. Beruntung sebelum kobaran api membesar, penghuni rumah bisa menyelamatkan diri.

Peristiwa itu pun sontak mengagetkan pemilik rumah. Teriakan meminta tolong terdengar warga. Rumah Yanti yang sudah dikepung kobaran api coba dipadamkan warga dengan peralatan seadanya.

Dalam waktu sekitar dua jam, api yang membakar rumah Yanti dapat dipadamkan. Belum diketahui pasti penyebab kebakaran, pasalnya korban tidak mengetahui sumber api berasal.

Kepala Desa Tegalega Dahlan Muslimat mengatakan, penyebab kebakaran belum diketahi secara pasti. Tapi berdasarkan keterangan korban, kebakaran diduga berasal dari korsleting listrik.

“Sumber api dan penyebabnya masih belum diketahui. Tahunya api sudah membesar dan menghanguskan rumah panggung milik korban,” kata Dahlan.

Dia menyebutkan, rumah yang terbuat dari bahan kayu dan bambu membuat api cepat membesar, sehingga sulit dipadamkan. “Api berhasil dipadamkan warga setelah rumah milik korban hangus,” terangnya.

Menurut Dahlan, sebagai langkah awal Pemerintah Desa Tegalega telah mengirimkan surat imbauan kepada setiap ketua RT agar menggalang dana untuk korban kebakaran.

“Surat permintaan bantuan juga sudah dikirim ke Baznas, PMI dan Dinas Sosial Kabupaten Cianjur,” ujarnya

Lanjut Dahlan, korban adalah seorang janda tua dan masuk katagori orang tidak mampu, sementara bantuan yang didapat dari warga melalui masing-masing ketua RT tidak akan mencukupi untuk memenuhi kebutuhan korban.

“Saya harap keluarga korban kebakaran ini bisa mendapat bantuan dari pemerintah daerah,” pungkasnya.

(dil)