50 Anggota DPRD Cianjur Dilantik Hari Ini

RADARCIANJUR.com-Pelantikan 50 anggota DPRD Kabupaten Cianjur periode 2019- 2024 digelar Hari ini Senin (5/8) di Gedung DPRD Cianjur Jalan KH Abdullah Bin Nuh Cianjur.

Sekretaris DPRD Kabupaten Cianjur, Aris Haryanto mengatakan, selain anggota yang kembali terpilih dan yang baru, anggota DPRD yang lama atau yang sudah habis masa jabatannya pun diundang pada pelantikan tersebut.

”Kita siapkan tenda dan kursi bagi tamu undangan yang hadir pada acara ini,” ujar Aris.
Menurutnya, dengan semua perencanaan dan persiapan yang sudah terlaksana saat ini, mudah-mudahan acara pelantikan yang sekaligus pengucapan sumpah janji bisa berjalan sukses dan lancar.

Selain DPRD Cianjur, pelantikan hari ini berbarengan dengan pelantikan anggota DPRD di kabupaten yang lainnya yang ada di Jawa Barat, diantaranya Kabupaten Banjar, Pangandaran dan Tasikmalaya.

Sebelumnya, penetapan penetapan perolehan kursi partai politik dan calon terpilih anggota DPRD Kabupaten Cianjur hasil rapat pleno terbuka KPU Kabupaten Cianjur di hotel Delaga Biru, Pacet, Minggu 21 Juli 2019.

Rapat pleno saat itu dipimpin Ketua KPU Cianjur, Hilman Wahyudi dan seluruh komisioner KPU Cianjur. Selain itu, hadir Ketua Bawaslu Cianjur, Usep Agus Jawari, unsur Muspida, serta perwakilan dari masing-masing partai politik peserta Pemilu.

Berdasarkan hasil penghitungan suara, ada sembilan parpol memperoleh kursi di DPRD Kabupaten Cianjur, antara lain, Partai Gerindra berhasil menjadi parpol yang paling banyak menempatkan kadernya di kursi perlemen dengan 11 kursi, disusul partai Golkar (8 kursi), dan Nasional Demokrat (Nasdem) 6 kursi serta partai politik lainnya dengan lima kursi.
Jumlah keseluruhan yang telah ditetapkan KPU yakni sebanyak 50 kursi yang ada di Pemilu legislatif Cianjur.

Dari 50 kursi tersebut terdiri dari daerah pemilihan (Dapil) I sebanyak sembilan kursi, Dapil II sebanyak 11 kursi, Dapil III sebanyak 11 kursi, Dapil IV sebanyak sembilan kursi, dan Dapil V sebanyak 10 kursi. Selain dari partai politik, nama-nama calon anggota dewan yang masuk dan telah ditetapkan serta suara paling banyak diantara dapil di Kabupaten Cianjur yakni, Deden Nasihin dari partai Golkar dengan dukungan sebanyak 14.009 suara dari dapil V. Disusul oleh Andri Suryadinata, yang mendapat dukungan sebanyak 11.330 suara sah dari Dapil III. Nama-nama lain seperti Asep Iwan Gusniardi dari Golkar pun luput dari nilai suara sah yang cukup besar, yakni sebanyak 9.788. Ditambah Igun Hendra Gunawan dari partai yang sama yakni sebanyak 9.018 suara sah.

(ndk/dan)