12 Laga, 3 Kemenangan, Umuh: Posisi Pelatih Aman

RADARCIANJUR.com – Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar, memastikan posisi Robert Rene Alberts aman dari jabatan sebagai pelatih kepala Maung Bandung.

Perjalanan Persib pada putaran pertama Liga 1 2019 cukup sulit. Klub berjulukan Pangeran Biru itu baru meraih tiga kemenangan dari 12 laga yang dilakoni.

Sementara sembilan laga lainnya berakhir dengan hasil empat imbang dan lima kekalahan. Di klasemen Liga 1, Persib menempati posisi ke-11 dengan 13 poin.

Bahkan dalam tiga pertandingan terakhir Persib menelan kekalahan beruntun dari Bali United (0-2), Arema FC (1-5), dan Barito Putera (0-1).

Hasil yang diraih Persib tentu sangat mengecewakan. Kendati demikian, Umuh menegaskan posisi Robert masih aman.

“Posisi pelatih aman. Jadi jangan terus menyalahkan pelatih dan pemain kalau kalah. Memang tidak memuaskan hasil ini, tapi masalah ini harus diselesaikan tanpa menyalahkan siapapun,” kata Umuh.

Wajar bila Persib masih akan mempertahankan posisi Robert sebagai pelatih kepala. Status Robert di Persib adalah pelatih pengganti. Dia baru menangani tim Persib saat kompetisi akan bergulir beberapa pekan lagi.

Robert menggantikan posisi Miljan Radovic yang didepak. Saat menangani Persib, Robert tidak punya kesempatan untuk mengotak-atik tim.

Sebab pramusim 2019 sudah menuju titik akhir. Sangat berisiko bagi Persib kembali merombak skuad dalam situasi tersebut. Oleh karena itu pada putaran kedua Liga 1 2019, manajemen akan memberikan keleluasaan kepada Robert untuk mencari pemain baru yang sesuai dengan kebutuhannya.

Umuh tidak menampik Persib akan melakukan perekrutan pemain baru pada jendela transfer paruh musim nanti. Menurutnya langkah tersebut dilakukan untuk memperbaiki prestasi Persib di kompetisi musim ini.

Sekaligus mengeluarkan Persib dalam situasi sulit. Setidaknya pada akhir kompetisi 2019 Persib bisa memperbaiki posisi di klasemen sementara.

“Manajemen akan memberikan kesempatan untuk pelatih buat mencari pemain yang sesuai dengan kebutuhan tim. Mungkin nanti akan ada pemain baru yang masuk sebagai tambahan,” tutur Umuh.

(net)