Pemdes Mekarmukti Genjot Pembungunan Infrastruktur

Pemerintah Desa Mekarmukti, Kecamatan Cibinong, terus menggenjot pembangunan infrastruktur

RADARCIANJUR.com – Pemerintah Desa Mekarmukti, Kecamatan Cibinong, terus menggenjot pembangunan infrastruktur jalan dengan menggunakan Anggaran Dana Desa (DD) yang dibantu Anggaran Penghasilan Asli Desa Setempat (PADS).

Tak kurang dari Rp400 juta dari tahun Anggaran 2019 digelontor. Selain pembuatan jalan baru, pemdes setempat juga membangun jalan antar gang dengan cara pengecoran di setiap titiknya.

Di bawah kepemimpinan Aceng Somantri, yang menjabat kades untuk periode kedua itu, memang selama ini difokuskan pada pembangunan infrastruktur. Sehingga sejumlah ruas jalan desa kini sudah mulus kendati Desa Mekarmukti berada cukup pelosok.

Seperti dikatakan salah seorang tokoh warga setempat, E Kusmawan (45) menyatakan, dirinya bangga dan memberikan apresiasi melihat perkembangan pembangunan di desanya yang terus-menerus berjalan.

“Terimakasih kepada Pemerintah Desa Mekarmukti dan acungkan jempol buat kepala desa. Kini jalan jalan desa terus menerus dibangun dan ini semua harapan warga masyarakat yang ingin punya infrastruktur jalan yang bagus,” katanya.

Dirinya berharap, pembangunan infrastruktur di desanya itu bisa terus berjalan hingga membuat masyarakatnya makin sejahtera dan meningkat perekonomiannya.

“Kalau jalannya bagus kan akan meningkatkan roda perekonomian bagi masyarakat Desa Mekarmukti. Sebab kebanyakan masyarakat disini profesinya bertani sayur-mayur dan hasil taninya dijual ke Kabupaten Bandung. Kalau akses jalannya bagus, distribusi akan lebih cepat dan lancar,” ucapnya.

Sementara itu, kepala Desa Mekarmukti, Aceng Somantri ditemui di kantornya mengatakan, pembagangunan jalan baru di desanya total keseluruhan mencapai 4,7 kilometer. Diantaranya jalan kampung Cirendeu-Citamiang sepanjang dua kilometer, jalan Kampung Pamalayan-Kebon Jeruk sepanjang 2,7 kilometer yang semuanya mengunakan anggaran DD dan PADS.

“Jumlah penduduk di Desa Mekarmukti ada 3.800 jiwa. Rata-rata propesinya bertani sayuran, sehingga akses jalan yang layak sangat dibutuhkan guna mempermudah ketika hendak menjual hasil panennya,” jelasnya.

Aceng melanjutkan, selain pembangunan jalan baru, tahun ini juga ada beberapa titik pengerjaan pengecoran jalan gang-gang kampung. “Walau desa kami jauh dari pusat kota, InsyaAllah kalau untuk membangunan kami ingin sama dengan daerah kota,” tuturnya.

Pihaknya juga tak ingin, Desa Mekarsari ketinggalan dalam hal infrastruktur. Akan tetapi, pihaknya juga berharap dukungan dan doa dari masyarakat agar bisa terus bekerja sesuai dengan amanah dan harapan masyarakat.

“Kami tentu tidak bisa bekerja sendiri. Kami juga butuh dukungan dari masyarakat. Dengan gotong royong dan bersama-sama membangun Desa Mekarmukti,” tutupnya.

(jay)