Bursa Transfer Tengah Musim, Persib Prioritaskan Striker Baru

Persib Bandung

RADARCIANJUR.com – Pelatih Persib, Robert Rene Alberts, sudah punya gambaran untuk rencana transfer timnya pada pertengahan musim Liga 1 2019. Robert mengatakan, Persib memprioritaskan untuk mendatangkan pemain berposisi penyerang.

Menurut Robert, lini serang tim berjulukan Maung Bandung ini tidak memiliki kedalaman skuad yang memadai. Secara kuantitas, Persib memang memiliki tiga penyerang yang bisa diandalkan, yakni: Ezechiel N’Douassel, Muchlis Hadi, dan Muhammad Wildan Ramdhani.

Kendati demikian, secara kualitas, Robert menilai hanya Ezechiel yang cukup mumpuni diandalkan sebagai penyerang utama. Sementara itu, Muchlis dan Wildan, dianggap Robert masih membutuhkan lebih banyak jam terbang.

“Jendela transfer akan segera dibuka dan saya memiliki peluang untuk membuat tim ini menjadi lebih seimbang,” kata Robert. “Seperti contohnya di posisi striker, sangat sulit menggantikan striker utama yang kami punya, dan itu area yang menjadi prioritas kami,” tambah mantan pelatih PSM Makassar ini.

Untuk posisi penyerang, kemungkinan akan ada lebih dari satu pemain yang didatangkan. Mengacu pada kebutuhan tim, Persib tidak hanya membutuhkan pelapis bagi Ezechiel, namun juga sosok penyerang yang bisa menjadi tandem penyerang 31 tahun itu. Mendatangkan penyerang baru sebagai tandem Ezechiel, mungkin bisa menjadi solusi untuk kembali meningkatkan produktivitas pemain asal Chad itu, yang menurun pada musim ini.

Pada musim lalu, Persib memiliki Jonatan Bauman yang berperan sebagai defensive forward. Kehadiran Bauman membuat Ezechiel lebih moncer. Buktinya, 17 gol dibukukan Ezechiel pada musim lalu.

Sementara itu pada musim 2019, tepatnya setelah Bauman pergi, Ezechiel seperti kehilangan daya dobraknya. Bahkan dari sembilan laga yang sudah dilakoni, Ezechiel baru mencetak tiga gol. Hal lain yang disoroti Robert adalah penumpukan pemain di satu posisi.Maung Bandung punya banyak pemain di lini tengah. Tercatat, ada 10 pemain berposisi gelandang yang dimiliki Persib.

Sementara itu di posisi lain, jumlahnya terbilang pas-pasan. “Tim ini memiliki banyak pemain bagus, tetapi banyak dari mereka berada dalam posisi yang sama. Maka kami perlu keseimbangan di dalam tim,” tuturnya.

Pelatih berusia 64 tahun itu melanjutkan, dalam waktu tiga pekan ke depan, ia akan menyusun rencana transfer Persib semaksimal mungkin.

Tujuannya tentu untuk membuat performa Persib di kompetisi musim ini meningkat. Performa Maung Bandung pada putaran pertama Liga 1 2019 terbilang mengkhawatirkan.

Dari 12 laga, mereka baru meraih tiga kemenangan. Sisanya, empat kali imbang dan lima kalah.
Di klasemen sementara Liga 1 2019, Persib juga terpuruk di posisi ke-11 dengan koleksi 13 poin. “Untuk itu, dalam tiga minggu ke depan, ketika transfer windows dibuka, kami akan bekerja meminimalisir kelemahan dan kami bisa melakukan pergantian dalam tim,” ucap Robert.

Berdasarkan situs Transfer Matching Systems (TMS) FIFA, jendela transfer tengah musim Liga 1 2019 akan dibuka pada 19 Agustus sampai 16 September 2019.

(net)