Hari Pertama Kerja, Gedung DPRD Cianjur Masih Sepi

SEPI: Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Cianjur terlihat tak ada aktivitas. FOTO: Hakim/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Hari pertama usai dilantik, Gedung DPRD Kabupaten Cianjur masih sepi. Mereka belum punya agenda resmi.

Kemarin, gedung itu terlihat kosong, hanya ada beberapa saja yang terlihat hilir mudik danjalan-jalan di gedung rakyat itu.

Ruang-ruang komisi, dan fraksi pun apalagi, karena memang belum dibentuk. Pagi kemarin itu, dengan kondisi lampunya pun tidak menyala.

Meski ada lampu menyala, namun tidak menandakan terdapat orang di dalam ruangan. Hanya meja dan kursi saja yang tersusun rapih di dalam.

Tapi pada pukul 8.00 WIB nampak anggota dewan dari Partai Gerindra yakni, Odjo Supardjo yang datang lebih awal.

Dia sedang membiasakan berangkat pagi sebelum masuk kerja, pada pukul 8.00 WIB. “Tadi datang jam delapan kurang sepuluh,” ujarnya saat ditemui di Komisi IV.

Pagi itu, ia mengawali aktivitasnya dengan berkeliling gedung DPRD Kabupaten Cianjur sembari berbincang-bincang dengan staf yang sedang bekerja. Dari mulai aktivitas apa saja yang dilakukan dewan dan masuk jam kerja.

Pria yang pernah menjabat di Dinas Pendidikan tahun 1993 itu membaur dengan lingkungan barunya sebagai anggota dewan. Tak banyak aktivitas di dalam ruangan. Ia bersama staf Komisi IV hanya membaca koran.

“Saya mulai keliling-keliling gedung dan berbincang-bincang dengan staf lainnya, menanyakan seputar pekerjaan,” paparnya.

Tak berselang lama, sekitar pukul 9.00 WIB terlihat beberapa ruangan fraksi mulai dihuni anggota dewan dari berbagai partai seperti Fraksi Golkar, Demokrat dan PKS.

Sementara itu, Pimpinan sementara DPRD Kabupaten Cianjur, Andri Suryadinta, mengatakan, beberapa hari setelah pelantikan anggota dewan baru memang belum memiliki jadwal kerja efektif, terlebih belum dilakukan penyusunan tata tertib, masa orientasi dewan, dan pembagian posisi di Alat Kelengkapan Dewan (AKD).

“Sebenarnya tidak masalah ada yang tidak hadir, karena memang belum efektif. Tapi diimbau hadir dulu untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan dan rekan di legislatif daerah, terutama untuk anggota dewan baru,” jelasnya.

Dia, saat ini tengah melakukan komunikasi dengan setiap partai politik yang ada di DPRD Kabupaten Cianjur untuk membahas persiapan pembentukan panitia khusus penyusunan tata tertib.

Tapi, dia belum memastikan kapan akan dilakukan pembahasan tatib, mengingat ada kemungkinan masa orientasi dewan baru akan dilakukan juga dalam waktu dekat.

“Jadi kami koordinasi dengan provinsi juga kapan jadwal orientasi. Kalau waktunya masih lama, kemungkinan pembahasan tatib dulu. Kalau memang jadwalnya di pekan ini, maka orientasi dulu baru penyusunan tatib,” tutupnya.

(kim)