Hewan Kurban di Cianjur Aman Layak Konsumsi

Ilustrasi

RADARCIANJUR.com – Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan Kabupaten Cianjur mengklaim bahwa hewan kurban yang ada di Kabupaten Cianjur sudah seratus persen sehat dan layak serta aman dikonsumsi.

Dokter hewan Dinas Perikanan, Kelautan Dan Peternakan Kabupaten Cianjur, drh Kharisudin mengatakan, untuk menghadapi Idul Kurban tahun ini, pihaknya telah membentuk tim, terutama tim kesehatan hewan kurban.

“Karena hewan kurban yang dibeli oleh masyarakat harus sehat, tidak cacat,” katanya, Selasa (6/8).

Ia mengatakan, selain memeriksa kesehatan hewan kurban, pihaknya juga memeriksa asal usul hewan kurban tersebut. “Setiap tim ditugaskan di tiap-tiap kecamatan, dan jika hewan kurban berasal dari Kabupaten Cianjur kita hanya memeriksa kesehatanya saja,” terangnya.

Akan tetapi, untuk hewan kurban yang berasal dari luar daerah, dilakukan pemeriksaan lebih. Seperti kelengkapan dokumen dan asal-usul hewan kurban tersebut.

“Untuk hewan kurban yang berasal dari luar Kabupaten Cianjur, selain diperiksa kesehatanya, kami juga memeriksa dokumen hasil pemeriksaan kesehatan dari tempat hewan kurban itu berasal,” katanya.

Ia menjelaskan, setelah dilaksanakan pemeriksaan dari Dinas Perikanan, Kelautan dan Peternakan kabupaten Cianjur, seluruh hewan kurban yang ada di Kabupaten Cianjur sudah memenuhi syarat dan tidak terindikasi penyakit.

“Lebih dari 6.000 hewan kurban sudah siap dipasarkan, dan jumlah tersebut sudah memenuhi kebutuhan akan hewan kurban di Cianjur,” jelasnya.

(dil)