Jambudipa Difogging Mahasiswa STAI Al Azhar

RADARCIANJUR.com – Mahasiswa STAI Al Azhary yang sedang melaksanakan kuliah kerja nyata (KKN) di Kampung Jambudipa, Desa Jambudipa, Kecamatan Warungkondang, melakukan bakti sosial kepada masyarakat dengan melakukan pengasapan atau fogging untuk membersihkan lingkungan dari nyamuk penyebab demam berdarah dengue (DBD).

Pengasapan ini dilakukan dengan bekerjasama dengan masyarakat setempat melalui program kerja Participatory Action Research (PAR) tahun 2019.

Ketua RT setempat, Ayi Saepudin mengatakan, fogging ini dilaksanakan karena sebelumnya di lingkungan Kampung Jambudipa sudah ada beberapa warga yang positif terjangkit DBD.

“Karena itu, kami bersama dengan mahasiswa STAI Al Azhary yang sedang melaksanakan KKN-PAR melakukan upaya pencegahan penyebaran penyakit DBD dengan fogging,” ujarnya.

Ada dua warga yang sudah menjadi korban yakni Silfa (8) dan Rafaizan (6). Bukan hanya fogging saja yang dilakukan, warga bersama mahasiswa juga memberikan imbauan mengenai pentingnya menerapkan pola hidup sehat.

Pihaknya berharap, kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat dan lingkungan bisa bersih dan rapih.

Sementara itu, Ketua KKN-PAR Kelopok 09, Robi Hidayatuloh mengungkapkan, pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh mahasiswa STAI Al-Azhary adalah pelaksanaan fogging dalam rangka pelaksanaan salah satu program kerja di bidang kesehatan kelompok 09 KKN-PAR STAI Al-Azhary Cianjur agar tidak ada lagi warga yang tekena penyakit DBD.

“Mahasiswa menjadi penyumbang ide dan fasilitator dalam mengatasi berbagai permasalahan yang ada. Bidang kesehatan salah satunya dengan melaksanakan fogging dan penyuluhan kepada msayarakat terkait pentingnya kesadaran setiap warga dalam menjaga pola hidup sehat. Selain itu juga, kami bersama masyarakat akan membuat TPS (Tempat Pembuangan Sampah),” paparnya.

(kim)