SMK Dharma Kusuma Didik Siswa Mandiri dan Berkarakter

SEMANGAT: Para siswa SMK Dharma Kusuma saat mengikuti kegiatan pramuka.

RADARCIANJUR.com – Pramuka Arya Wiranata Kusuma dan Mien Soedarko Gugus Depan (Gudep) 01283-01284 SMK Dharma Kusuma melaksanakan Penerimaan Tamu Ambalan (PTA) dan Ekstrakurikuler (Ekskul) Camp masa bakti 2019-2020.

Acara tersebut digelar di lapang terbuka lingkungan Sekolah SMK Dharma Kusuma selama tiga hari yakni hari Jumat, Sabtu, Minggu pada tanggal 2 Agustus sampai dengan 4 Agustus 2019.

Kepala SMK Dharma kusuma sekaligus Ka Mabigus Pramuka Gudep 01283-01284, Dudun Sudrajat mengatakan, kegiatan yang diikuti 197 siswa baru tahun ajaran 2019-2020 ini, sebagai acara penyambutan siswa baru dengan berbagai rangkaian guna pembetukan karakter.

“Dengan adanya kegiatan PTA ini siswa dapat beradaptasi dengan ekskul wajib Pramuka yang ada di SMK Dharma Kusuma,” katanya.

Sebanyak 15 regu pramuka putra dan putri memeriahkan kegiatan PTA ini, selain upaya pembentukan karakter, tergelarnya kegiatan ini juga upaya membina dan melatih ketangkasan, pertahanan, sikap, kemampuan, mental dan fisik, kemandirian, kreatifitas dan seni, serta solidaritas dan kekompakan kepada seluruh siswa baru.

“Ini merupakan kegiatan rutin yang digelar setiap tahun ajaran baru,” ujarnya.

Pada pelaksanaannya, kegiatan ini dilaksanakan tiga hari satu malam sebagai pembukaan, penerimaan, pembinaan juga pelantikan siswa menjadi anggota pramuka Pangkalan SMK Dharma Kusuma Wiranata Kusuma dan Mien Sudarko gudep 01283-01284 masa bakti 2019-2020.

“Mudah-mudahan para siswa yang mengikuti kegiatan ini lebih dalam mengetahui kepramukaan dan dapat dimplementasikan di kehidupan bermasyarakat, serta menjadi pribadi sesuai Dasa Darma dan Tri Satya,” pungkasnya.

(hry)