Hari Kedua Kerja Anggota DPRD Cianjur, Mulai Ada Rapat Internal

KOORDINASI: Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) mulai bersiap-siap merancang program kerja. FOTO: Hakim/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Mulai ramai. Beberapa anggota dewan yang kembali terpilih hilir mudik berjalan di setiap lorong Gedung DPRD Kabupaten Cianjur, kemarin. Tak hanya yang kembali terpilih, beberapa wajah baru pun sudah mulai beraktivitas di beberapa ruangan komisi maupun fraksi.

Rabu (7/8) pukul 9.00 WIB memang tak seperti sebelumnya Selasa (6/8). Tidak sepi. Bahkan terdengar riuhnya perbincangan mengenai beragam hal.

Seperti di ruang Komisi IV, anggota fraksi Partai Demokrat, Geugeu Tintin Mariani sudah tiba pukul 9.00 WIB dengan pakaian berwarna biru yang dipadukan hijab kuning. Dia datang lebih awal guna membahas program ke depan bersama fraksi Demokrat. “Senang bisa kembali dipercaya untuk menjadi wakil rakyat Cianjur, yang pasti untuk pertama-pertama ini mengikut alur saja,” ujarnya.

Baginya, penempatan komisi yang akan menjadi tempatnya bekerja. Ia bisa duduk di Komisi IV atau di Komisi I. Namun, dia menyerahkan sepenuhnya kepada Fraksi Partai Demokrat.

Tak berselang lama, anggota Fraksi Partai Golongan Karya (Golkar), Sapturo pun turut hadir di ruang Komisi IV dan sedikit berbincang-bicang dengan staf.

Sementara itu, terdengar ramai di ruangan Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra). Ternyata beberapa anggota dewan sudah berkumpul dan berbincang-bincang dan diskusi.

Bukan hanya berbincang biasa, namun perbicangan tersebut membahas mengenai program jangka panjang serta bersih-bersih fraksi. “Hari kedua ini (kemarin, red), kita berbincang dan diskusi jangka panjang serta bersih-bersih fraksi,” papar Anggota DPRD Kabupaten Cianjur Fraksi Partai Gerindra, Sahli Saidi.

Pandangan Fraksi Partai Gerindra yaitu memberikan arahan serta program ke depan, melihat banyaknya anggota fraksi saat ini. Selain itu, Fraksi Partai Gerindra pun bisa menjadikan contoh kepada fraksi yang lain sebagai anggota terbanyak di Kabupaten Cianjur.

“Kita harus bisa memberikan contoh kepada fraksi yang lain, karena kan kita sebagai fraksi dengan anggota terbanyak,” ungkapnya.

Beberapa anggota dewan baru tentunya perlu mendapatkan pengarahan serta beradaptasi dengan lingkungan baru, ini menjadi momentum yang tak dilewatkan tentunya. Seperti halnya Anggota Fraksi Partai Gerindra, Yunus Sadar.

Meski pada tahun 2014 pernah gagal, namun kini bisa mendapatkan keberuntungan untuk duduk di Gedung DPRD Kabupaten Cianjur sebagai anggota dewan periode 2019-2024.

Bangga dan terharu. Itu yang kini dirasakannya ketika mendapatkan kepercayaan besar dari masyarakat. “Di awal kerja ini, saya melakukan pengenalan lingkungan kerja dulu dan pemahaman tupoksinya,” terangnya. Secara pribadi, dirinya siap ditempatkan di mana pun untuk komisi. Semuanya dikembalikan kepada kebijakan partai.

(kim)