Tanaman Hias Asal Belanda Paling Diburu

PERAWATAN: Sejumlah tanaman hias milik Ujang Yusuf tengah disiram.

RADARCIANJUR.com – Tanaman hias baik lokal maupun jenis luar, menjadi tanaman yang paling laris di pasaran. Salah satunya jenis Petunia, yang merupakan suatu tumbuhan berbunga dari family Solanaceae yang bunganya berbentuk trompet.

Pemilik Cimacan Flower Ujang Yusuf mengatakan, penjualan tanaman hias pada pertengahan tahun seperti ini sudah mulai ramai. Beberapa jenis tanaman hias seperti petunia, mawar, anggrek, dan jenis tanaman lokal pun tak luput dari perhatian pembeli.

“Untuk sumber benih Petunia sendiri, itu benihnya dari Belanda. Jenis ini biasanya yang masih banyak diminati. Soalnya jenis tersebut biasa digunakan untuk hiasan rumah,” kata Ujang.

Meningkatnya penjualan tanaman hias saat ini bisa mencapai 40 persen, dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya. Menurut Ujang, produk tanaman hias silangan ini pun cukup laris, karena jenisnya beragam dan corak warna yang begitu indah.

Serta lebih banyak hasil garapan yang disesuaikan dengan kondisi geografis saat ini. Sedangkan untuk jenis tanaman lokal lainnya juga kebanyakan untuk ucapan selamat.

“Penjualannya pun sangat stabil, sedikit naik. Apalagi di Agustus ini banyak yang pesan untuk ucapan,” ujarnya.

Keberadaan dan stoknya pun untuk saat ini, bisa disebut cukup. Pasalnya, waktu ramai di saat momen-momen perayaan Agustus ini bisa menjadi salah satu faktor meningkatnya bisnis tanaman hias ini.

“Kami pun masih banyak saling mengisi antara para petani dan penjual tanaman hias lainnya. Ada yang dari Bandung, luar Jawa, dan beberapa daerah lain bisa saling bertukar tanaman,” kata Ujang.

Ditambahkannya, untuk harga, berkisar antara Rp10 ribu, 20 ribu hingga Rp 25 ribu per pot. Bahkan ada juga yang bisa lebih mahal, tergantung dari jenis tanaman hias dan seberapa besar tanamannya.

“Walaupun penjual tanaman ini banyak terdapat di wilayah Cipanas, tetapi masing-masing pedagang kan punya pelanggannya sendiri,” kata dia.

Jika dari perawatan, Menurutnya, itu tidaklah sulit. Hanya saja disaat tanaman jenis ini sudah berkembang, tinggal menyiram saja. Jika dibandingkan dengan tanaman lainnya, itu bisa agak sulit. Apalagi saat musim kemarau seperti ini.

“Iya, kalau tanaman hias ini tidaklah begitu sulit. Hanya tinggal menyiramnya saja, disetiap pagi dan sore hari. Dan Alhamdulillah sekarang ini sudah ramai,” tukasnya.(dan)