Bakal Ada Mall di Cipanas

Wilayah Utara Cianjur akan memiliki pusat perbelanjaan baru yang akan didirikan di samping Jalan Sindanglaya, Cipanas Cianjur

RADARCIANJUR.com – Wilayah Utara Cianjur akan memiliki pusat perbelanjaan baru yang akan didirikan di samping Jalan Sindanglaya, Cipanas Cianjur, tepatnya di Kampung Balakang, Desa Sindanglaya, Kecamatan Cipanas.

Plaza City yang akan dibangun oleh salah satu perusahaan di Jakarta itu rencananya akan memiliki fasilitas hotel dan pusat pertokoan. Sehingga menjadi salah satu pusat niaga terpadu di wilayah Cipanas.

Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman mengapresiasi masuknya perusahaan Jakarta yang berinvetasi di Cianjur untuk mendukung kemajuan ekonomi lewat sektor jasa penyediaan fasilitas pusat perbelanjaan dan fasilitas lainnya.

Kehadiran Plaza City itu, dikatakan Herman, harus memberikan dampak positif untuk kemajuan masyakat Cipanas dan Cianjur pada umumnya.

“Selain nanti akan memberi hiburan, Plaza City juga dapat menjadi daya tarik masyarakat. Tentunya kehadiranya harus memberikan dampak positif bagi masyarakat,” terang Herman saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Kamis (8/8).

Herman meminta, dalam proses perekrutan nanti pengembang mengedepankan tenaga lokal. Hal itu menjadi penekanannya, mengingat angka pengangguran di Cianjur ini masih tergolong cukup tinggi.

“Saya memohon untuk bisa mengedepankan Cianjur dalam penyerapan tenaga kerja. Bila perlu bisa diserap hingga 80 atau 90 persen tenaga kerja lokal di wilayah sekitar,” kata Herman.

Menurutnya, dengan memberikan kemudahan kepada para investor, Cianjur ini berharap bisa lebih maju. Artinya setiap ada para pemilik anggaran untuk membangun sesuatu di Cianjur dan bisa bermanfaat, tidak boleh dipersulit.

“Selama masih dalam koridor aturan yang berlaku di Cianjur ini, para investor silahkan saja membangun. Asal menjadi dampak positif,” ujarnya.

Herman menilai, Cianjur ini bisa lebih berkembang dan maju karena adanya pembangunan dan fasilitasnya yang semakin memadai. Para investor jangan sampai ragu bahkan mundur ketika pemerintahannya mempersulit untuk membangun sesuatu yang bernilai baik.

“Saya sangat akan dukung siapa saja yang akan berinvestasi ke Cianjur ini. Bahkan kalau perlu, Bupati itu tidak perlu dikasih uang, asal investor bersedia dan percaya ke Cianjur,” tegasnya.

Herman berharap, dengan akan dibangunnya mall di Cipanas, keinginannya memberikan pelayanan bagi masyarakat karena adanya fasilitas umum yang lebih maju bisa terealisasi.

“Kalau ada fasilitas yang lebih seperti mall kan nantinya kebutuhan warga bisa lebih mudah. Jangan sampai warga Cianjur ketika butuh sesuatu, mesti pergi dulu ke kota lain. Kan di Cianjur juga telah ada,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Sindanglaya, Moch Muchtar mengatakan, keberadaan proyek mall itu bisa membuka keran ekonomi baru di wilayah Sindanglaya Cipanas lewat sektor jasa pusat perbelanjaan, hotel, dan lainnya. Tentunya itu tidak akan berjalan tanpa adanya kemudahan perijinan yang diberikan Pemda serta masyarakat di sekitar lingkungan setempat.

“Kami berharap, pertumbuhan ekonomi di Sindanglaya Cipanas bisa meningkat. Yang penting dampak positifnya lebih besar dibandingkan negatifnya,” kata Muchtar.

Ia menuturkan, belum banyak hal yang diketahui Pemerintah desa. Apalagi kaitan dengan luas lahan yang akan dibangun, maupun anggaran untuk pembangunan Plaza City tersebut. Menurutnya, pihak desa hanya sebatas kebetulan atas lahan yang berada di Desa Sindanglaya saja.

“Untuk teknis di lapangan maupun lainnya, kami belum tahu. Yang jelas sangat berharap warga di lingkungan Desa Sindnglaya bisa diberdayakan ke arah yang lebih baik,” pungkasnya.

(dan)