Plt Bupati dan Warga Cianjur Gelar Shalat Istisqa, Mudah-mudahan Turun Hujan

Plt Bupati dan Warga Cianjur Gelar Shalat Istisqa

RADARCIANJUR.com-Terik, di bawah panas matahari, Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman bersama masyarakat menggelar shalat Istisqa di Alun-Alun Cianjur. Solat tersebut digelar usai melaksanakan shalat Jumat, pada pukul 13.30 WIB.

Pasalnya, sebelumnya Herman sudah berkeliling di 32 kecamatan dan ternyata hampir mengalami kekeringan sampai-sampai pertanian fuso atau gagal panen.

Dari hasil keliling, ternyata daerah terparah di wilayah Cianjur Selatan yakni Sindangbarang, Kadupandak dan Cibinong. Bukan hanya selatan, di wilayah utara seperti Ciranjang dan Cipeyeum sangat mengkhawatirkan.

Herman menjelaskan, shalat Istisqa tidak hanya digelar di Alun-alun Cianjur saja, tapi serentak di 32 kecamatan. Hal itu tertuang dalam surat edaran yang ditujukan kepada seluruh camat se-Cianjur.

“Sebelumnya saya sudah berkeliling ke 32 kecamatan, ternyata kasusnya sama mengalami kekeringan, hingga akhirnya saya berkonsultasi dengan alim ulama kiranya hari ini (kemarin, red) alhamdulillah sudah dilaksanakan solat Istisqa,” ujar Herman.

Kemarau ini menjadi pengalaman bagi semua masyarakat Kabupaten Cianjur agar bisa menjaga lingkungan. Karena itu ia mengimbau kepada masyarakat untuk menanam pohon-pohon. Sehingga ada resapan air yang nantinya tertampung.

Pihaknya pun dalam mengambil langkah untuk menangani kekeringan tersebut dengan membagikan air bersih setiap kunjungan ke kecamatan-kecamatan.

(kim)