12000 Warga Cianjur Bentangkan Merah Putih

BERKIBAR: Bendera Merah Putih sepanjang 100 meter membentang di acara Gelora Merah Putih Cianjur. FOTO: Hakim/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Kegiatan Gelora Merah Putih yang diadakan pada Sabtu (10/8) pukul 6.30 WIB dari Pertigaan Wiguna Jalan Barisan Banteng, Hos Cokro Aminoto, Jalan Aria Cikondang, Jalan Siliwangi, Jalan Pangeran Hidayatullah dan finis di Lapangan Prawatasari.

Sepanjang jalan, pelajar dari mulai Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) berbaris dengan rapih di sepanjang jalan sembari mengibar-ngibarkan bendera merah putih untuk menyambut peserta jalan sehat Gelora Merah Putih Cianjur sejak pukul 7.00 WIB.

Tak hanya itu, pada wajah setiap pelajar pun ditempelkan stiker bendera merah putih sebagai bentuk kecintaan terhadap tanah air.

Kemerihaan tidak sampai disitu saja, iring-iringan pejalan sehat dikawal oleh Unit Patwal Polres Cianjur dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cianjur. Bahkan Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) turut berbaris di paling depan.

Suara meriha dari marching band pun turut menjadi tanda telah tibanya para peserta jalan sehat. Beberapa masyarakat pun tak ingin ketinggalan untuk mendokumentasikan kemeriahan tersebut.

Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman mengatakan, kegiatan tersebut diadakan dalam rangka memperingati kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 74.

“Alhamdulillah kegiatan ini diikuti kurang lebih 12000 warga Cianjur yang melaksanakan pawai dengan membawa bendera merah putih sepanjang 100 meter,” ujarnya.

Bendera sepanjang 100 meter tersebut dibawa oleh berbagai elemen dari mulai TNI, Polri, ormas dan elemen masyarakat yang bergabung.

Kegiatan tersebut tak lepas dari kerjasama dari berbagai elemen masyarakat serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Cianjur. Lanjutnya, momen tersebut bisa menjadi alat pemersatu bangsa dan menjaga keutuhan Tanah Air khususnya masyarakat Kabupaten Cianjur.

Peringatan yang menjadi kali pertama tersebut nantinya akan dijadikan agenda tahunan setiap menjelang peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Rencananya setiap memperingati 17 Agustus, ini akan diadakan dan bahkan bendera yang hari ini 100 meter akan ditambah lebih panjang,” ungkapnya.

Sementara itu, Dandim 0608/ Cianjur, Letkol Inf. Rendra Dwi Ardhani mengungkapkan, Gelora Merah Putih Cianjur ini adalah untuk meningkatkan rasa nasionalisme, rasa kebangsaan dan menyadari bahwa NKRI adalah negara yang besar.

“Kemerdekaan RI ke 74 ini menuju Indonesia unggul, Kabupaten Cianjur mengadakan Gelora Merah Putih 2019. Ini untuk menyatukan kebhinekaan dan mengakomodir seluruh elemen bangsa serta masyarakat di Kabupaten Cianjur untuk bersatu sehingga semangat merah putih tetap bergelora di Cianjur,” paparnya.

Dirinya pun melihat, masyarakat Kabupaten Cianjur sangat antusias dan komponen masyarakat sangat mendukung.

Di sisi lain, Kapolres Cianjur, AKBP Soliyah menuturkan, kegiatan tersebut tidak hanya sekedar jalan santai sepanjang tiga kilometer. Namun, pada momen tersebut Forkopimda mengingatkan kepada semua masyarakat bahwa jiwa masyarakat Cianjur masih terdapat jiwa Merah Putih yang membara dan membakar semangat.

“Tentunya ini untuk mengingatkan kembali kepada masyarakat Cianjur bahwa jiwa kita masih merah putih, NKRI harga mati dan Pancasila adalah ideologi, intinya dengan semua kebersamaan ini agar semua meraih kesuksesan, untuk meraih keamanan serta kondusifitas Kabupaten Cianjur,” tutupnya.

(kim)