Nyaris Ambruk, SDN Jaya Mekar Direhab Tahun Depan

BUTUH PERBAIKAN: Siswa siswi SDN Jayamekar terpaksa belajar di teras beralas lantai karena kondisi ruang kelas semakin parah pasca gempa. FOTO: JAJANG SUGIARTO/RADAR CIANJUR

RADARCIANJUR.com – SDN Jaya Mekar yang berlokasi di Desa Muaracikadu, Kecamatan Sindangbarang akan direhab tahun depan. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Cianjur memberikan prioritas kepada sekolah yang sat ini memiliki 74 siswa itu.

Plt Kepala Disdikbud Kabupaten Cianjur, Oting Zaenal Muttaqin mengatakan, pihaknya sudah menerima proposal yang diajukan pihak SDN Jaya Mekar. Namun pihaknya akan mengupayakan untuk masuk di anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2020.

Namun, permasalahan sekolah yang membutuhkan bantuan tidak hanya SDN Jaya Mekar saja. Masih ada 1.200 SD lainnya yang memang masuk data Disdikbud. “Meskipun ada 1.200 SD di data kita, namun kita prioritaskan untuk sekolah yang membutuhkan bantuan seperti SDN Jaya Mekar ini,” ujarnya.

Pihaknya pun berencana akan melakukan pemetaan untuk sekolah-sekolah yang memang butuh bantuan, seperti bangunan sekolah yang sudah mulai tak layak untuk kegiatan belajar mengajar (KBM).

BACA JUGA : Ironis! SDN Jaya Mekar Sindangbarang Nyaris Ambruk, Siswa Belajar di Lantai Teras

Bahkan, dirinya merasa prihatin mengenai bangunan sekolah yang baru berdiri lima tahun namun kondisinya hampir ambruk. “Yang paling menyedihkan adalah ketika sekolah yang baru genap lima tahun, bangunannya hampir ambruk,” ungkapnya.

Kabid SD Disdikbud Kabupaten Cianjur, Agus Supiandi sudah meninjau SDN Jaya Mekar dalam waktu dekat. Bahkan sudah dialokasikan dari dana perubahan. Untuk dana perubahan tersebut, akan direalisasikan pada September atau Oktober. ” Kalau dana perubahan paling bulan September atau Oktober,” paparnya.

Pihaknya pun sudah melakukan koordinasi dengan koordinator Pendidik dan kemungkinan untuk sementara waktu siswa dialihkan ke sekolah terdekat untuk KBM-nya.

Selain itu, ia mengimbau kepada pihak sekolah agar tetap melaksanakan KBM dan menyampaikan sosialisai kepada orang tua siswa melalui komite mengenai kondisi sekolah. “Insya allah Pemda Cianjur melalui Disdikbud Kabupaten Cianjur akan mengalokasikan bantuan, paling cepat tahun ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Kadisdik Provinsi Jawa Barat, Dewi Sartika setelah mendapatkan kabar terkait SDN Jaya Mekar di Kecamatan Cidaun yang hampir ambruk tersebut, pihaknya akan melakukan konsolidasi dengan Disdikbud Kabupaten Cianjur agar memberikan perhatian khusus. “Saya akan konsolidasikan mengenai hal ini,” tegasnya.

(kim)