Hujan Angin dan Banjir Terjang Mina, Begini Kondisi Calhaj Cianjur

TETAP KHUSYU: Meski diguyur hujan angin yang kencang, namun ribuan jamaah haji tetap berjalan menggunakan payung menjalankan ibadah.

RADARCIANJUR.com – Hujan deras hingga mengakibatkan banjir di tenda penginapan Mina Arab Saudi membuat panik seluruh jamaah haji. Bagaimana dengan kondisi para calhaj dari Cianjur?

Laporan Jemaah Cianjur di Mekkah, DADAN ASIKIN

Salah satu jemaah dari Cianjur menyampaikan bahwa kondisi jemaah di Mekkah dalam kondisi baik. Kondisi itu terjadi sekitar 30 menit menjelang jemaah menyelesaikan lontar jumroh di Jamarot.

Saat hujan turun sejumlah jemaah haji asal Kabupaten Cianjur Kloter 34 tengah beristirahat usai melaksanakan lontar jumroh kedua sebelum lontar jumroh ketiga.

Hujan angin dan banjir setinggi lutut terjadi. Padahal panas sebelumnya menyengat menjadi teman perjalanan jamaah haji, akan tetapi pada hari Senin (12/8) pada pukul 14.00 WIB hujan turun deras disertai angin.

Kondisi tersebut diperparah dengan matinya listrik, tenda rubuh disertai bocor. Sehingga, beberapa jamaah saling berhimpitan di dalam tenda. Barang-barang pun dipindahkan agar tidak basah. Beberapa jamaah bahkan histeris melihat kondisi tersebut yang berlangsung selama 30 menit.

Meskipun kondisinya bocor, namun tenda aman tidak tergenang. Sehingga barang-barang yang diamankan tidak terbawa hanyut oleh banjir. Tak lama berselang kondisi listrik kembali normal.

Sebelumnya, pada saat jamaah sedang wukuf di Arafah. Kondisi cuaca sudah mendung. Begitu pun ketika akan melakukan lempar jumroh untuk mengambil batu di Muzdalifah. Hujan pun sudah mulai turun.

Setibanya di Mina, setelah melempar jumroh di hari terakhir. Hujan beserta angin pun turun secara deras dan mengakibatkan bajir setinggi lutut orang dewasa. Namun saat ini, para jamaah Kabupaten Cianjur sudah kembali ke hotel tempat menginap setelah melaksanakan tawaf terakhir yakni tawaf perpisahan.

(**)