891 Madrasah Se-Jawa Barat Adu Ketangkasan

PERLOMBAAN: Suasana pembukaan perlombaan Kompetisi Sain Madrasah (KSM) tingkat Provinsi Jawa Barat.

RADARCIANJUR.com – Sebanyak 891 Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) yag ada di Kabupaten maupun kota se-Jawa Barat mengikuti perlombaan Kompetisi Sain Madrasah (KSM) tingkat Provinsi Jawa Barat.

Kesiswaan Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Jawa Barat, Nunu Sohia Aminudin menyebutkan, jumlah peserta sebanyak 891 orang tersebut sebelumnya sudah mengikuti ajang seleksi terlebih dahulu di kabupaten maupun kota masing-masing. Kemudian dipilih peserta yang terbaik, mulai dari jenjang MI, MTs dan MA.

“Peserta yang sekarang ikut tentunya sudah mengikuti penyeleksian terlebih dahulu. Dimana mereka adalah peserta yang juara satu, dua dan tiga, yang sekarang diikut sertakan kembali dalam ajang KSM tingkat provinsi ini,” kata Nunu disela-sela acara pembukaan KSM.

Nunu menargetkan, bahwa kabupaten maupun kota se-Jawa Barat dari semua jenjang dapat menghasilkan juara terbaik dan masuk ke tingkat nasional.

Sedangkan untuk lomba sendiri, ada lima mata pelajaran yang akan dilombakan, di antaranya untuk jenjang MI pelajaran matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) terintegrasi. Sedangkan untuk jenjang MTs matematika, IPA terintegrasi dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) terintegrasi dan untuk jenajang MA IPS terintegrasi, IPS terintegrasi, biologi dan geografi terintegrasi.

“Nantinya peserta yang menang dan lolos akan diikutsertakan kembali ke tingkat nasional pada 16 September 2019-21 September 2019 di Kota Manado,” ujarnya.

(riz)