Tiket Gratis, KA Siliwangi Diserbu Warga

MENGANTRI: PT KAI memberikan tiket gratis untuk masyarakat Kabupaten Cianjur dalam rangka Dirgahayu Republik Indonesia ke 74. FOTO: Hakim/Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Momen peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-74 dimanfatkan masyarakat untuk merasakan Kereta Api (KA) Siliwangi. Bertepatan dengan hari itu, jumlah penumpang mengalami peningkatan hingga 20 persen.

Selain itu, peningkatan jumlah penumpang itu dikarenakan adanya pemberlakuan tiket gratis kepada para penumpang. Tiket KA Siliwangi gratis itu juga menjadi salah satu upaya untuk mensosialisasikan rute baru rangkaian angkutan massal tersebut.

Kepala Stasiun Cianjur, Narizal mengatakan, terjadinya peningkatan terhadap penumpang KA Siliwangi itu, karena adanya pemberian tiket gratis pulang pergi bagi calon penumpang KA khusus untuk 17 Agustus 2019.

“PT. Kerta Api Indonesia persero memberlakukan tiket gratis untuk para calon penumpang KA tersebut khusus untuk pemperingati HUT Republik Indonesia Ke-74, dan sekaligus sosialisasi gerakan transportasi massal,” ujarnya.

Meski tiket KA tersebut gratis, tetapi para calon penumpang harus mengambil tiket terlebih dulu, promo tiket gratis tersebut berlakukan oleh PT. KAI hanya dapat berlaku untuk satu satu hari dan tidak hanya KA Siliwangi saja namun untuk beberapa KA yang lainnya.

Selama 17 Agustus 2019 tingkat penumpang KA Siliwangi mencapai sebanyak 1.213 penumpang, sedangkan pada hari biasa hanya sekitar 700 hingga 800 orang penumpang atau meningkat sekitar 20 persen.

“Rata-rata para penumpang tersebut didominasi oleh warga Cianjur dan sekitarnya yang akan mengahabiskan hari liburnya di Sukabumi dan Bogor,” ungkapnya.

Selain warga Cianjur yang hendak pergi ke Sukabumi, lanjutnya, banyak juga warga dari Ciranjang dan Sukabumi yang berhenti di Stasiun Cianjur untuk melihat upacara bendera 17 Agustus 2019.

Sementara itu, Kosasih (47) warga Kampung Pasirhayam Desa Rancagoong, mengungkapkan sangat senang dengan adanya promo tiket gratis dari PT. KAI tersebut, karena dapat mengurangi beban biaya untuk berlibur bersama keluarganya.

“Biasanya saat hendak pergi berlibur ke Sukabumi saya bersama keluarga dapat menghabiskan uang yang lumayan besar, namun dengan adanya promo gratis ini setidaknya dapat mengurangi biaya untuk berlibur,” terangnya didampingi anak dan istrinya.

Ia pun berharap, kedepannya sosialisasi mengenai tiket gratis harus lebih gencar, karena masih banyak masyarakat yang belum mengetahui terkait promo tiket gratis KA.

“Kalau bisa nanti sosialisasinya harus gencar, jadi masyarakat yang menikmati banyak,” paparnya.

(kim)