1500 Peserta Semarakkan Karnaval Cipanas

FOTO: DADAN SUHERMAN/ RADAR CIANJUR

RADARCIANJUR.com – Semarak kemerdekaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-74, Cipanas Hub, Palace Hotel, dan Himpunan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Kabupaten Cianjur menggelar pawai karnaval dengan mengangkat tema ‘Pemanfaatan Kreativitas Melalui Limbah dan Fashion Show Kemerdekaan’, Senin (19/8).

Karnaval yang diikuti sebanyak 1500 lebih anak PAUD se-wilayah tiga ini menggunakan rute yang melintasi Jalan Protokol Cipanas hingga ke hotel Palace, dengan tampak bersemangat dan riang gembira.

Ketua Panitia Karnaval Cipanas Hub, Pheno menjelaskan, para pahlawan yang telah mengorbankan hidup mati untuk merebut kemerdekaan RI waktu lalu, sudah sepatutnya bisa sama-sama memperingati dengan semangat dan rasa proklamasi. Namun tak perlu berperang secara fisik, banyak hal yang bisa kita lakukan untuk melanjutkan cita-cita pahlawan, salah satunya mengisinya dengan beragam kegiatan yang positif.

“Untuk mewujudkannya Cipanas Hub bersama Palace Hotel Cipanas, mengadakan lomba yang sekaligus untuk melatihan kemampuan yang dimiliki anak-anak Paud dalam bentuk lomba fashion show baju kemerdekaan dan baju dengan bahan dasar pemanfaatan kreativitas melalui limbah plastik,” paparnya kemarin.

Dalam kegiatan ini, dikatakan Peno, bisa mampu meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya daerah Kota Cipanas melalui minat bakat dan kemampuan anak di bidang seni dan budaya. Selain itu, diharapkan bisa meningkatkan apresiasi seni dan budaya dikalangan anak-anak usia dini, untuk memperkaya seni budaya bangsa Indonesia yang dapat memperkuat daya saing bangsa kedepan.

“Tentunya dengan karnaval seperti ini bisa meningkatkan semangat kreatifitas dan imajinasi anak-anak usia dini, guna bersaing serta mengasah perkembangan pola berpikir anak-anak. Ini merupakan salah satu bentuk kepedulian kami terhadap perkembangan dan kemajuan Wilayah Kota Cipanas,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Sekolah PAUD Lokatmala Maleber Santi Afrianti mengaku sangat mengapresiasi dan menyambut baik adanya karnaval seperti ini. Sehingga dirinya membawa 16 orang siswa dengan rentan usia tiga sampai enam tahun.

“Alhamdulillah peserta sangat begitu antusias, dan even ini sangat mendorong semangat siswa untuk memahami kemerdekaan. Pasalnya disini mengajak siswa mencintai tanah air dan kebersamaan,” tuturnya.

Santi mengatakan, even yang mengusung go green ini sesuai dengan semangat PAUD Lokatmala untuk mencintai lingkungan. Terlebih PAUD Lokatmala Maleber itu berbasis alam dengan kegiatan menanam pohon dan mengangkat kearifan lokal.

“Kami pun lebih menanamkan pendidikan lingkungan kepada anak sejak dini dan memperkuat rasa nasionalisme,” ujarnya.

Ia berharap, dengan semangat pada peserta yang mengikuti ajang ini, bisa menambah rasa patriotisme kemerdekaan bangsa. Walaupun rata-rata peserta karnaval ini masih belia.

“Tidak masalah, walaupun masih dini, tetapi kita sama-sama belajar membangun rasa patriot kepada para pahlawan kemerdekaan zaman dulu,” tukasnya.

(dan)