Datangkan Tiga Pemain Asing Baru, Ini Harapan Bobotoh Cianjur

Tiga pemain anyar Persib Bandung resmi diperkenalkan di hadapan publik, Selasa (20/8).

RADARCIANJUR.com – Persib Bandung kembali menghadirkan tiga pemain baru Nick Kuipers, Kevin van Kippersluis, dan Omid Nazari. Kehadiran pemain baru tersebut bisa membawa angin segar bagi Persib, terlebih dalam hal permainan.

Bagi sebagian Bobotoh (pendukung persib) menang dalam pertandingan suatu hadiah. Tapi jika permainannya yang tidak hidup, sama saja seperti sebelumnya.

Harapan demi harapan diutarakan para Bobotoh. Bahkan, diharapkan dengan kedatangan pemain baru di tubuh Pangeran Biru ini bisa memberikan kontribusi serta suntikan semangat untuk Persib. “Semoga bisa berkontribusi dengan baik, bisa membawa semangat buat Persib,” ujar Pengurus Viking Cipanas, Cepi Andiana.

Namun baginya tidak hanya pemain depan, gelandang dan pemain belakang saja. Akan tetapi penjaga gawang pun perlu diperhatikan. Pasalnya salah satu kiper Persib, Dede Natsir saat ini sedang dalam cedera cukup serius sehingga harus menepi selama kurun waktu kurang lebih enam bulan. “Penjaga gawang seharusnya perlu juga, malahan bila perlu kiper utama,” paparnya

Baginya, saat ini pemain Persib tidak menampilkan ruh permainan Persib. Permainan Persib terlihat bukan permainan Persib sebenarnya seperti tidak ada semangat. Ia pun berharap Persib bisa kembali bangkit dari keterpurukan, minimal masuk kembali ke peringkat atas.

Sementara itu, hal serupa pun diungkapkan Ketua Viking Underground Cianjur, Benny Sumarna. Dirinya merasa sangat senang. Baginya, perubahan pemain tersebut sangat pas di saat pemain yang sudah ada di Persib tidak sesuai dengan kriteria pelatih. “Jadi sebetulnya telat memasukan pemain baru dengan kondisi terpuruk, secara aturan tidak bisa di putaran pertama memasukan pemain. Bagi semua Bobotoh, hasil juara itu bonus yang penting permainannya,” ungkapnya.

Ternyata, isu penggatian sudah ramai di kalangan Bobotoh. Namun calon kiper yang akan menjadi penjaga gawang tersebut nampaknya pernah memiliki rapot merah di hati Bobotoh. Pasalnya pada tahun 2016 pernah melakukan tingkah laku yang kurang berkenan di mata Bobotoh.

“Ini lagi rame isu di Bobotoh, Persib akan mendatangkan kiper tapi batal karena tingkah laku yang kurang baik pada tahun 2016. Padahal posisinya kiper tersebut sudah mau ke Bandung dan sedang dalam perjalanan, tapi karena Bobotoh menolak akhirnya kembali lagi,” jelasnya.

Selain itu, dirinya Persib harus bisa mendatangkan pemain lokal khusus penjaga gawang yang usianya masih muda. Pasalnya, saat ini kondisi I Made yang tidak muda lagi terkadang saat permainan malam hari pandangannya terlihat sedikit kurang. “Jadi butuh support pemain muda yang minimal sejajar I Made,” harapnya.

Bahkan, terkadang dirinya menangis melihat permainan Persib kemarin, setiap menonton berasa sakit hati. Bukan karena kalahnya, namun karena permainan kurang bagus. Baginya perlu ada perbaikan yang lebih serius. “Kalau kemarin kan pemainan depan emosional. Dari mulai depan hingga belakang kurang komunikasi,” terangnya.

Untuk pelatih sendiri, baginya pelatih pastinya sudah memiliki sertifikasi bagus. Seperti halnya Gomez, setiap tim yang dilatih pasti juara. Tapi pada saat datang ke Persib malah berbanding terbalik. Harusnya ketika pelatih datang itu yang dipertanyakan mengejar juara atau apa?

Bobotoh dan dirinya pun berharap, mudah-mudahan di putaran kedua ada hal yang bisa membuat Bobotoh bahagia dengan ruh permainan yang kembali lebih baik.

(kim)