80 Bumil di Cipanas Jalani Pemeriksaan Hepatitis

DIPERIKSA: Sebanyak 80 ibu hamil diperiksa golongan darah dan pemberian obat Hepatitis. FOTO: DADAN SUHERMAN/ RADAR CIANJUR

RADARCIANJUR.com – Pemerintah Desa Cipanas bersama Puskesmas terdekat melaksanakan pemeriksaan gratis golongan darah serta pemberian obat Hepatitis kepada 80 ibu hamil dan menyusui. Hal ini guna memberikan pelayanan kesehatan bagi warga masyarakat Desa Cipanas, Rabu (21/8).

Kepala Desa Cipanas, Dadan Busyrol Karim mengatakan, periksaan kali ini merupakan program tahunan dari Pemdes untuk kesehatan warga. Bahkan rencana kedepan, Pemdes juga akan melaksanakan pemeriksaan kesehatan ini ke setiap wilayah Posyandu masing-masing.

“Ini merupakan program rutin dari pemerintah desa dan puskesmas Cipanas. Bahkan kedepannya akan diberikan pelayanan Posyandu ke wilayah masing-masing,” kata Dadan.

Ia menuturkan, karena gejala yang sering muncul pada penderita Hepatitis itu biasanya berkisar umur 30-40. Maka dari itu, Pemdes melakukan antisipasi pelayanan kesehatan ini. Hal tersebut diharapkan bisa mencegah penyakit sedini mungkin bagi para ibu hamil.

“Jadi kami sediakan juga pelayanan antar jemput bagi ibu hamil khususnya bagi ke tiga dusun, yakni dusun 3, 4, dan 5 karena jarak rumah mereka yang cukup jauh,” jelasnya.

Menurut Dadan, kegiatan ini biasanya dilakukan di masing-masing Posyandu. Hanya progamnya yang bersamaan dengan program pemdes, jadi disatukan di aula kantor desa. Agar bisa sama-sama terlihat dan bisa dicek apa golongan darah masing-masing ibu hamil.

“Yang paling terpenting ibu-ibu hamil bisa lebih terdeteksi secara dini dan mengetahui golongan darah. Guna mengantisipasi sesuatu yang tidak diinginkan warga, khususnya bagi ibu hamil,” ujarnya.

Ia berharap, kedepannya program ini akan bisa berjalan terus. Sehingga pemanfaatan pelayanan kesehatan bagi warga bisa segera tertangani. Karena kalau tidak dari sekarang, kapan lagi. Kesehatan bagi ibu hamil itu sangat penting, karena menyangkut dua jiwa sekaligus.

“Mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi masyarakat. Warga bisa terbantu bahkan juga bisa mengetahui golongan darahnya masing-masing,” tukasnya.

Nenden (20) Kampung Sindangsari RT 001 RW 010 Desa Cipanas mengatakan, dirinya sangat terbantu dengan adanya kegiatan ini. Biasanya untuk pemeriksaan kehamilannya, ia berangkat ke bidan atau puskesmas terdekat.

“Alhamdulillah saya sangat terbantu. Karena bisa diberikan pemeriksaan kehamilan saya secara gratis,” kata Nenden.

Dirinya dan warga lain pun sangat berharap program semacam ini bisa terus dilaksanakan. Mengingat pentingnya kesehatan bagi ibu hamil. Apalagi jika menimpa keluarga yang kurang mampu, pemeriksaan kesehatan secara gratis sangat membantu.

“Kami inginkan adanya pemeriksaan kehamilan yang lain. Kalau ada gratis lagi,” ucapnya.

(dan)