Ada Saung Pemasyarakatan di Lapas Cianjur

LEBIH MUDAH: Warga binaan (wabin) Lapas Klas 2B Cianjur menghadirkan Saung Pemasyarakatan untuk mengetahui data wabin. FOTO: Hakim/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas 2B Cianjur memberikan layanan kepada semua warga binaannya (wabin) yakni dengan menghadirkan Saung Pemasyarakatan.

Layanan yang diluncurkan di seluruh lapas di Indonesia tersebut sebgai akses untuk mengetahui masa tahanan, informasi remisi dan tahapan masa pidana dalam pengusulan remisi.

Penggunaan layanan tersebut hanya bisa dilakukan oleh wabin saja melalui pemindaian sidik jari. Petugas lapas tidak sama sekali bisa mengakses bahkan mengetahui. Pasalnya, petugas lapas sudah menginput data diri wabin dengan melakukan scan sidik jari sebelumnya.

“Saung layanan pemasyarakatan adalah layanan mandiri untuk wabin mengenai masa tahanan, informasi remisi, tahapan masa pidana kapan saatnya bisa diusulkan remisi hanya dengan memindai sidik jari,” ujar Kasubsi Registrasi dan Bimkemas Lapas Klas 2B Cianjur, Fani Andika.

Layanan tersebut dihadirkan agar wabin tidak harus hilir mudik ke ruang registrasi untuk mengetahui data mengenai informasi masa tahanan.

Ternyata selain wabin, untuk keluarga yang ingin menjenguk pun bisa mendapatkan informasi tersebut. Namun hanya untuk keluarga inti seperti orang tua, istri dan anak yang sebelumnya sudah melakukan pemindaian sidik jari di ruang pendaftaran. Untuk diluar dari keluarga, seperti teman atau saudara tidak bisa melakukan pemindaian tersebut.

“Kedepannya mesin tersebut bisa melakukan printout mengenai data wabin, sehingga wabin tidak keluar masuk ruang registrasi,” tuturnya.

(kim)