Kapolres Cianjur Jamin Warga Papua di Cianjur Aman

Kapolres Cianjur, AKBP Soliyah

RADARCIANJUR.com – Kepolisian Resor (Polres) Cianjur menjamin keamanan serta ketertiban warga Papua yang berdomisili di Kabupaten Cianjur, baik itu yang sedang menempuh pendidikan maupun yang hanya tinggal sementara.

Itu dilakukan dalam rangka mengantisipasi hal yang disebabkan peristiwa di Surabaya dan Manokwari Provinsi Papua Barat beberapa waktu lalu. “Keamananan dan kondusivitas di wilayah hukum Cianjur tetap harus terjaga dengan menggandeng sejumlah tokoh warga setempat atau yang berasal dari Papua,” ujar Kapolres Cianjur, AKBP Soliyah.

Selain itu, ia telah memberikan perintah kepada jajarannya untuk melakukan pendataan warga Papua, baik yang bermukim sementara untuk kepentingan studi maupun yang telah menetap. “Tentunya kita jamin keamanan mereka, baik yang sedang melakukan studi maupun yang telah menetap di Cianjur,” paparnya

Dirinya pun mengimbau kepada segenap masyarakat agar bisa lebih bijak dalam menggunakan media sosial agar tidak terprovokasi dengan ramainya informasi yang beredar. Hal tersebut dilakukan agar mengantisipasi terjadinya perpecahan bangsa serta negara.

Ia pun menyampaikan kepada warga Papua yang ada di Kabupaten Cianjur agar tidak terprovokasi dengan segala bentuk hoaks yang beredar di media sosial. Selain itu jika memang ada yang mendapatkan tekanan atau intimidasi, dirinya mengimbau agar segera melaporkan dan aka ada penindakan. “Jangan mudah terprovokasi. Saring dulu sebelum sharing di media sosial. Jadilah pengguna media sosial yang cerdas dan bertangungjawab,” tutupnya.

Sementara itu, untuk menghindari meluasnya kerusuhan Papua, Kapolda Jabar Inspektur Jenderal Polisi Rudy Sufahriadi memberikan garansi keamanan warga Papua yang berada di wilayah hukum Jawa Barat. “Saya jamin keamanannya, kalau ada apa-apa komunikasikan dengan kami saja, saya dengan panglima Pangdam 3 Siliwangi, sama-sama menjaga masyarakat Papua yang ada di Jawa Barat,” ujarnya.

Menurutnya kerusuhan Papua, yang terjadi dalam tiga hari ini diharapkan tidak berdampak luas, termasuk bagi mereka yang berada di Jawa Barat. “Insyaalloh Jawa Barat kondusif,” kata dia.

Sebelum meletusnya kerusakan, Polda Jabar telah lebih dulu membuat mengangkat tema Papua dalam perayaan HUT ke-74 Republik Indonesia, beberapa waktu lalu. “Saya, Pangdam 3 Siliwangi, gubernur, para pejabat yang lain Kejati, dan Pengadilan Tinggi, kita menari sajojo, dengan masyarakat Papua yang ada di Jawa Barat,” ujarnya.

Untuk itu, lembaganya meminta agar, masyarakat Jawa Barat termasuk warga Papua yang berada di tatar sunda, tidak mudah terhasut adanya ajakan kekerasan untuk memperkeruh suasana. “Jawa Barat aman,” kata dia.

(kim/dar/lip)