Seperti Ini Kemeriahan Karnaval Sukanagalih

Karnaval Sukanagalih

RADARCIANJUR.com -Sebanyak 1500 warga yang berasal dari Desa Sukanagalih melakukan pawai karnaval budaya dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-74. Semangat kebersamaan dan keceriaan mewarnai rangkaian pesta rakyat dan karnaval tersebut.

Para peserta karnaval dan pawai yang dihiasi dengan aneka pernak pernik kemerdekaan, beriring-iringan berkeliling desa sejauh beberapa kilometer. Mereka berangkat dari puncak kana lalu masuk ke jalan kabupaten, hingga ke lapang voli samping Desa Sukanagalih. Dan di lapangan yang menjadi pusat kegiatan itu digelar berbagai aneka perlombaan serta hiburan rakyat.

Selama mengikuti pawai dan karnaval, warga yang mengendarai mobil dan sepeda motor berjalan dengan tertib dan rapi. Para peserta mendapat pengawalan dari aparat kepolisian sektor Pacet dan TNI dari Koramil setempat. Sikap berkendara warga Desa Sukanagalih yang berasal dari tujuh kedusunan, dan 17 ke-RTan itu mencerminkan budaya tertib dan adab berlalu lintas yang patut ditiru.

Ketua Pelaksana Karnaval Sukanagalih, Ramdhani mengatakan, kegiatan ini merupakan karnaval tahunan dari Pemerintah Desa Sukanagalih bersama berbagai elemen masyarakat, mulai dari siswa tingkat SMA, SMP, SD, hingga Taman Kanak-kanak (TK).

“Beberapa perwakilan siswa yang mengikuti karnaval tahunan ini. Jumlah peserta sekitar 1500 orang, dengan antusias yang luar biasa,” kata Dhani.

Selain itu, dikatakan Dhani, kemeriahan acara karnaval ini bisa membantu meningkatkan ekonomi warga sekitar. Pasalnya dengan adanya acara seperti ini, seperti warung-warung, dan pedagang makanan dan pernak-pernik lainnya bisa merauk omset yang berbeda di hari biasanya.

“Bayangkan saja kang, dengan peserta yang cukup banyak, secara otomatis pedagang yang ikut berjualan di tempat karnaval pun bisa ketiban untung yang berlipat,” ujarnya.

Senada yang dikatakan Kepala Desa Sukanagalih, Dudung Djaenudin, bahwa Pemdes sangat mengapresiasi dan mendukung sekali kegiatan positif dalam rangka memperingati kemerdekaan ini. Karena menurut orang nomor satu di Desa Sukanagalih itu, belum tentu warga semua ini bisa merayakan HUT kemerdekaan semacam ini tanpa jasa para pahlawan dahulu.

“Makanya kita sama-sama memperingati atas jasa-jasanya dengan cara mensyukuri nikmat Allah SWT, serta berprilaku yang baik di dalam kehidupan sehari-hari,” kata Dudung.

Dudung menuturkan, kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat persatuan dan kesatuan antar warga, juga untuk mencegah terkotak-kotaknya warga satu dengan warga lain di dalam pemerintahan desa.

“Masyarakat semuanya terlibat dalam kegiatan, ada yang menyumbangkan tenaga dan pikiran melalui ide ide kreatifnya, bahkan sebagiannya juga ada yang mengumpulkan dana untuk acara ini,” kata Dudung.

Dudung berharap, kegiatan ini tidak putus hanya disini saja. Bahkan di tahun-tahun berikutnya pun bisa digelar kembali lebih meriah lagi. “Kalau bisa peringatan rutinan ini kita bisa laksanakan lagi. Lebih meriah, lebih banyak hadiahnya, lebih kompak. Tentunya kerjasama antar warga juga mesti terus dijaga, dan dipelihara. Kesuksesan pemdes, tak terlepas dari kerja keras kita semua,” pungkasnya.

(dan)