Terbakar Saat Amankan Demo, Bripda Yudi Dioperasi Sebulan Pasca Pernikahan

LEHER DIPERBAN: Bripda Yudi sempat mengunggah momen bersama sang istri, Nur Firtriani pada Selasa (20/8) saat terbaring di RSHS, Bandung. FOTO: INSTAGRAM @myudimus

RADARCIANJUR.com – Bripda Yudi Muslim, salah seorang anggota Polres Cianjur yang terbakar saat mengawal aksi unjuk rasa di Kabupaten Cianjur, telah menjalani operasi bedah plastik di RSHS, Bandung pada Kamis (22/8). Operasi yang digelar sebulan pasca pernikahannya dengan Nur Fitriani dilakukan untuk membuang sel jaringan kulit mati yang terbakar.

Dokter Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung Hardisiswo Soedjana mengatakan, sel jaringan kulit mati akibat terbakar seperti di bagian tangan, akan ditambal menggunakan kulit dari paha kanan. Kemudian kulit paha kanan akan sembuh dengan sendirinya. “Itu baru ambil kulit dari paha kanan, hampir 80 persen bisa ditambalkan. Mudah-mudahan bisa hidup sehingga sedikit tersisa dan itu bisa menyembuh dengan sendirinya,” kata Hardi usai tindakan operasi di RSHS Hasan Sadikin, Kota Bandung.

Ia mengatakan, tindakan operasi perlu dilakukan mengingat luka bakar yang diderita Bripda Yudi mencapai 13,5 persen. Sementara luka di sekitar tubuhnya akan diperban. “Lukanya cukup dalam, tapi luka di lehernya cukup bagus ada kulit baru sehingga tak diperlukan pembedahan hanya pembersihan saja,” ucap dia.

Tindakan operasi tersebut, kata Hardi, membutuhkan waktu tiga jam. Kemudian Bripda Yudi pun akan menjalani perawatan sekira empat sampai lima hari. “Empat sampai lima hari kita buka, kita lihat hasilnya. Setelah itu tinggal menunggu 100 persen sembuh. Seminggu boleh pulang,” katanya.

Rekan Bripda Yudi, yaitu Bripda FA Simbolon hingga kini masih dalam perawatan. Hardi mengatakan, luka yang dialami Bripda Simbolon tidak lebih parah. “Lebih baik satunya, enam persen (luka bakar) sebagian besar dangkal, jadi yang diangkat enggak seperti ini. Besok rencananya dilakukan operasi, lukanya sedikit di leher, tangan, dan dada,” papar Hardi.

Istri Bripda Yudi, Nur mengatakan, akan terus berada di sisi suami tercintanya itu. “Saya akan terus dampingin dia (Yudi) sampai sembuh total dan bisa kembali melakukan kegiatan sehari-harinya. Rasa cemas pasti ada, soalnya ini operasi pertama untuk Yudi,” kata Nur.

Pada unggahan di akun media sosial Instagram Briptu Yudi (@myudimus) pada Selasa (20/8/2019) terlihat Yudi berswafoto dengan istrinya. Dari unggahan tersebut, masih terlihat luka di bagian wajah Yudi dan bagian lehernya masih ditutupi perban berwarna putih. Postingan tersebut juga dibanjiri komentar yang berisi semangat serta dukungan kepada Briptu Yudi.

Bagian yang terluka Briptu Yudi ialah di tangan kanannya. Pasalnya, pada bagian tangan kiri, saat kejadian ia memegang tameng, sehingga tangan kiri hanya mengalami luka kecil, berbeda dengan tangan kanannya. “Harapannya di satu bulan pernikahan kami, ya semoga cepat diberikan momongan, semangat untuk Yudi dan semoga cepat sembuh,” kata Nur.

(tri/med)