Plt Bupati Cianjur dan Kapolda Jabar Bantu Biaya Sekolah Anak Almarhum Ipda Erwin

Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Rudy Sufahriadi saat memberikan keterangan kepada para wartawan usai prosesi pemakaman Ipda Erwin di TMP Cikaret.

RADARCIANJUR.com – Ipda Erwin Yudha Wildani akhirnya mengembuskan nafas terakhir pada Senin (26/8) pukul 1.38 WIB di Rumah Sakit Pusat Pertamina, Jakarta Selatan setelah berjuang selama 11 hari dalam perawatan pihak rumah sakit. Almarhum Ipda Erwin mengalami luka bakar saat mengamankan aksi demo di depan Pendopo Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur. Luka bakar yang diderita cukup serius di sekujur tubuhnya dengan keadaan luka bakar 72 persen.

Jenazah almarhum tiba di rumah duka pada pukul 9.00 WIB di Jalan Mayor Harun Kabir, RT3 RW11, Gang Pulo VI, Kelurahan Bojongherang yang disambut isak tangis keluarga. Sukarni (46) istri almarhum tak henti-hentinya menitikan air mata saat jenazah diturunkan dari mobil ambulan. Bahkan putri bungsunya Adinda (18) terus menangis melihat sang ayah terbujur kaku dengan balutan kain kafan.

Tak berselang lama di rumah duka, jenazah almarhum akhirnya dibawa ke Masjid Agung Cianjur untuk disolatkan. Yang menjadi imam pada solat jenazah tersebut dipimpin oleh Ketua MUI Kabupaten Cianjur, KH Abdul Halim. Kondisi Masjid Agung Cianjur pun dipenuhi oleh jamaah serta beberapa anggota polisi dan TNI. Bahkan beberapa OPD turut hadir dalam salat jenazah.

BACA JUGA: Ipda Erwin Meninggal, Polda Jabar: Hukuman Para Pelaku akan Semakin Berat

Saat jenazah sedang disalatkan, iring-iringan Polda Jawa Barat tiba di tempat makam pahlawan (TMP) Cikaret, Cianjur pada pukul 10.00 WIB diikuti oleh Kapolres Cianjur, AKBP Soliyah; Dandim 0608/Cianjur, Letkol Inf Rendra Dwi Ardhani dan Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman.

Sekitar pukul 10.30 WIB, jenazah tiba di TMP Cikaret dengan prosesi upacara pemakaman. Jenazah Ipda Erwin ditempatkan di antara makam para pahlawan. Upacara pemakaman sendiri dipimpin oleh Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Rudy Sufahriadi sebagai inspektur upacara (irup).

Keluarga almarhum turut datang serta beberapa rekan kerja almarhum. Bahkan beberapa masyarakat pun turut hadir untuk memberikan penghormatan terakhir kepada polisi yang sudah bertugas selama 25 tahun tujuh bulan itu.

BACA JUGA: Sedih dan Haru, Ini Detik-detik Ipda Erwin Dikebumikan

Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Rudy Sufahriadi menyampaikan duka mendalam atas meninggal anggotanya tersebut. “Hari ini (kemarin, red) telah dilaksanakan upacara kebesaran pemakaman almarhum Ipda Erwin yang telah gugur dalam melaksanakan tugas saat pengamanan demo dengan semua risiko hingga berkorban nyawa,” ujarnya.

Lanjutnya, kejadian ini menjadi kejadian terakhir. Namun kepolisian harus tetap melaksanakan tugas sebagai pelayan masyarakat dan bertanggungjawab atas situasi kamtibmas di seluruh Jawa Barat.

Dirinya pun sudah menerima pesan yang disampaikan oleh Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman bahwa anak almarhum yang masih bersekolah harus sampai selesai kuliahnya.

“Tadi pak bupati sudah menyampaikan kepada saya bahwa anaknya yang masih sekolah harus selesai kuliahnya dan kakaknya yang laki-laki akan dipekerjakan di pemda ini,” paparnya.

Selain itu, sebagai tanda penghormatan serta berkabung, ia pun menginstruksikan kepada seluruh anggota kepolisian yang ada di bawah institusi Polda Jawa Barat untuk mengibarkan bendera setengah tiang.

(kim)