Ada 16 Hari Libur Nasional di Tahun 2020 Ditambah 4 Hari Cuti Bersama

Ilustrasi

RADARCIANJUR.com – Anda sudah bisa menentukan kapan harus liburan tahun depan. Sebab, pemerintah telah menetapkan jadwal liburan nasional dan cuti bersama 2020. Berdasar surat keputusan bersama, tahun depan memiliki 16 hari libur nasional dan empat hari cuti bersama.

Kemarin (27/8) Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani mengadakan rapat tingkat menteri (RTM) tentang hari libur nasional dan cuti bersama 2020. Rapat tersebut dihadiri Menteri PAN-RB Syafrudin, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, serta Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri.

”Para menteri pada prinsipnya menyetujui usulan libur nasional dan cuti bersama ini. Hanya menteri agama yang meminta agar ke depan penyebutan Hari Raya Nyepi untuk umat Hindu diganti menjadi Hari Suci Nyepi,” ujar Puan.

Pembahasan sempat panjang ketika menyentuh tema libur Hari Raya Idul Fitri. Sebab, ada tradisi mudik hingga arus balik. ”Infrastruktur kita semuanya pada tahun depan insya Allah sudah lebih baik daripada tahun ini. Semoga tidak banyak kendala berarti serta pengamanan dan transportasi selama mudik dan balik juga berjalan lancar,” tutur Puan.

Dia mengakui, keputusan libur nasional dan cuti bersama itu dikeluarkan lebih awal dari biasanya. Tujuannya adalah memberikan pedoman bagi instansi pemerintah dan swasta.
Menurut Puan, kesepakatan libur nasional dan cuti bersama tersebut telah mempertimbangkan Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 1976 tentang Cuti Pegawai Negeri Sipil, Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Sipil Negara, dan aturan lainnya. Rapat itu kemudian diwujudkan dalam surat keputusan bersama (SKB) tentang hari libur nasional dan cuti bersama 2020.

(jwp)