Literasi Jadikan Siswa SDN Rancajaya Berkarya

BELAJAR: Puluhan siswa SDN Rancajaya sedang mengikuti kegiatan belajar membaca di halaman sekolah. FOTO:Ardi Mardiansyah/Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Sekolah berperan penting dalam mengembangkan kreativitas serta literasi siswa didiknya. Seperti halnya diterapkan SDN Rancajaya.

“Gerakan literasi sekolah tidak sekedar rutinitas. Namun hal yang harus diterapkan di sekolah, agar siswa memiliki kemampuan membaca dan menulis lebih baik lagi,” kata Guru yang juga Wali Kelas Dua, SDN Rancajaya, Linlin.

Sekolah tidak hanya menyediakan perpustakaan dengan fasilitas buku-buku yang menarik dan desain ruangan perpustakaan yang nyaman saja, namun dengan menerapkan pembelajaran di halaman sekolah pun salah satu langkah untuk meningkatkan literasi siswa, sehingga siswa lebih berkarya.

“Dengan menerapkan sistem literasi agar siswa gemar membaca, serta menambah ilmu dan wawasannya,” ucapnya.

Pasalnya, tambah Linlin, kemampuan membaca dan menulis dibutuhkan siswa untuk memenuhi kewajiban membuat karya ilmiah yang dibimbing guru untuk bisa lulus dan mendapatkan ijazah.

“Dorongan membaca dan menulis siswa juga karena para guru memberi inspirasi, guru mengembangkan metode pendidikan yang membuat siswa harus proaktif mencari literatur, tidak hanya di internet, tetapi juga melalui buku-buku bacaan yang ada di perpustakaan,” pungkasnya.

(cr1)