Petani Sindangbarang Pilih Tanam Palawija

Petani di Sindangbarang sedang memelihara tanaman palawai sebagai jeda pengganti padi

RADARCIANJUR.com – Di musim kemarau ini, petani di Kecamatan Sindangbarang dan Agrabinta menanam palawija sebagai pengganti padi di lahan sawah mereka.

Kepala UPTD Pertanian wilayah Sindangbarang dan Agrabinta Yayat Duriat mengatakan mengatakan, palawija yang ditanam petani antara lain jagung dan kedelai. Tanaman palawija tersebut bisa bertahap hidup dalam kondisi tanah dengan pengairan yang cukup minim.

“Dengan menanam palawija inilah, maka kita tidak perlu harus mengairi lahan terus menerus, mereka cukup dengan menafaatkan air dari sungai dan embung yang disedot untuk mengairi lahan pertanianya,” kata Yayat, kemarin (28/8).

Ia menjelaskan, dengan menanam palawija, petani bisa mendapatkan pendapatan selain menanam padi. Usai menanam jagung dan kedelai inilah, nantinya petani akan kembali menanam padi. Dengan umur palawija yang singkat inilah, palawija akan panen jelang musim hujan turun.

“Makanya ini menjadi tanaman jeda padi, sebagaimana harapan dan imbauan dari kami. Dengan menanam palawija inilah, petani bisa menghemat pengeluaran untuk pengairan,” katanya.

(dil)