Capella Loji Batulawang Gelar Kontes Ayam Pelung

Communitas Ayam Pelung (Capella) Loji Batulawang bersama Himpunan Peternak dan Penggemar Ayam Pelung Nusantara (HIPPAPN) menggelar kontes ayam pelung di lapang Brimob

RADARCIANJUR.com – Communitas Ayam Pelung (Capella) Loji Batulawang bersama Himpunan Peternak dan Penggemar Ayam Pelung Nusantara (HIPPAPN) menggelar kontes ayam pelung di lapang Brimob, Sabtu (31/8).

Sebagai pusat dari pehobi dan peternak ayam Pelung di tingkat nasional, para komunitas di Cianjur itu juga melaksanakan latihan bersama (latber) yang sekaligus menggelar kontes. Hal tersebut sebagai upaya untuk mengumpulkan para komunitas ayam pelung dari pelosok nusantara.

Ketua Komunitas Ayam Pelung Loji Batulawang, Odih Taufik Hidayat, mengatakan, sejak dibentuk komunitas ini pada 27 Agustus 2017, pihaknya telah mengadakan kegiatan sebanyak tiga kali. Selain itu, acara juga digelar untuk mempererat tali silaturahmi.

“Guyub rukun sauyunan sesuai moto kami, tujuannya ingin melestarikan suara ayam pelung agar tetap terjaga sebagai budaya ciri khas Cianjur. Kami ingin ada dukungan dari pemerintah pusat agar bimbingan dan arahan bisa turun dari mereka, sehingga selaras dengan kami yang ingin menjaga budaya daerah, dan ayam pelung khas Cianjur bisa mendunia,” tutur Odih.

Menurutnya Odih, komunitas ini melingkupi para pehobi dan peternak ayam pelung di wilayah Cipanas, Pacet, dan Sukaresmi. Ditambahkannya, dalam latihan bersama kali ini juga berasal dari sejumlah wilayah, seperti Lampung, Jawa timur, Jakarta, Depok, Bogor, dan Garut.

“Tiga kecamatan itu kami ingin rangkul bersatu kerjasama agar tetap bisa silaturahmi dengan baik. Kini anggota kami hingga saat ini sebanyak 100, antara peternak dan pehobi. Alhamdulillah dalam latihan bersama kali ini dihadiri komunitas ayam pelung dari daerah Jawa dan luar Jawa,” tukasnya.

Salah seorang peserta ayam pelung, Haji Sopyan menambahkan, sangat menyambut dan apresiasi sekali atas kegiatan ini. Jalinan silaturahmi antar seluruh anggota sangat penting. Diharapkan juga kontes ayam pelung ini bisa lebih mengakrabkan dan lebih semangat untuk menjalin silaturahmi.

“Peserta kan beragam, ada yang dari Bandung, Cianjur, Garut dan berbagai wilayah lainnya bisa bersilaturahmi semua,” ujarnya.

(dan)