Video Detik-detik Kecelakaan Beruntun di Tol Purbaleunyi

RADARCIANJUR.com – Penyebab kecelakaan beruntun yang terjadi Km 91 Jalan Tol Purbaleunyi atau Cipularang arah Jakarta, Purwakarta, Jawa Barat, Senin (2/9) sekitar pukul 13.00 WIB mulai terkuak.

Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Rudy Sufahriadi mengutarakan kronologi kejadian yang menyebabkan puluhan kendaraan kecelakaan dan beberapa orang meninggal dunia.

Irjen Pol Rudy Sufahriadi menyebut, penyebab kecelakaan maut itu karena dum truk yang terbalik di tol. “Kemudian mobil yang berada di belakang mobil dum truk melakukan rem mendadak secara mengejutkan, untuk menghindar menabrak mobil dum truk,” ujar Irjen Rudi, saat di lokasi kejadian, Senin (2/9).

Namun, akibat rem mendadak tersebut semua kendaraan yang ada di belakang banyak yang berusaha menghindar. Tapi tak mampu menghentikan laju kendaraan, sehingga saling tabrak belakang yang melibatkan puluhan kendaraan.

“Jumlah total kendaraan yang terlibat 21 kendaraan, untuk data sementara ada 6 korban meninggal dunia karena luka bakar dan 1 orang meninggal dunia karena laka ini. 8 orang dilarikan ke Rumah Sakit Siloam,” tambah Kapolda Jabar ke sejumlah awak media.

Berikut video detik-detik kecelakaan di Km 91 Tol Cipularang:

 

View this post on Instagram

 

Rekaman video amatir Detik detik sebelum Kecelakaan Beruntun Kecelakaan beruntun yang melibatkan 21 kendaraan terjadi di kilometer 92 tol Purbaleunyi, Senin (2/9/2019) sekitar pukul 12.30 WIB. Delapan orang meninggal dunia dalam kecelakaan tersebut. Dirgakkum Korlantas Mabes Polri Brigjen Pol Pujiyono Dulrachman menjelaskan, kecelakaan beruntun tersebut bermula dari kecelakaan tunggal dump truck yang terbalik di kilometer 92.Kemudian, saat ada empat kendaraan mengantre menunggu evakuasi dump truck yang terbalik, ada dump truck bermuatan tanah yang hilang kendali karena rem blong. “Dump truck bermuatan tanah itu menabrak empat kendaraan yang tengah mengantre,” kata Pujiyono .Kemudian, di belakang dump truck bermuatan tanah ada 15 kendaraan yang mengalami kecelakaan beruntun. Akibat kecelakaan tersebut, delapan orang meninggal dunia, tiga luka berat, dan 25 luka ringan.Pujiyono menyebutkan, olah TKP akan dilakukan Selasa (3/9/2019). “Kita teruskan sampai besok untuk olah TKP-nya. Karena kalau malam dipaksakan juga nggak akurat,” katanya. Sebelumnya, kecelakaan beruntun terjadi di Tol Purbaleunyi Km 91 yang melibatkan 21 kendaraan.Selain korban tewas, kecelakaan tersebut menyebabkan empat mobil hangus terbakar. Korban tewas adalah penumpang dari mobil yang terbakar tersebut. Rekaman dari arah kejadian ( Bandung arah Jakarta) . . Via @porosgarut Video: istimewa . #kecelakaanmaut #tolcipularang #lakalantas #warungjurnalis

A post shared by Warung Jurnalis (@warung_jurnalis) on