Warga Gekbrong Gelar Istigosah Sambut Muharam

Siwa Siswi Madrasah Diniyah dan remaja sedang melaksanakan istigosah di lapang Kuntul.

RADARCIANJUR.com – Menyambut Tahun Baru Islam 1441 Hijriah, warga Kecamatan Gekbrong menggelar istigosah dilanjutkan dengan pawai obor yang diikuti ratusan pelajar dan warga setempat, Sabtu (31/8) malam.

Ratusan peserta mulai berkumpul di Lapang Kuntul Desa Ciantaasih, Kecamatan Gekbrobg usai salat Dzuhur setelah melaksanakan Istigosah yang dilanjutkan shalat Ashar serta Maghrib berjamaah yang disambung dengan pawai obor yang dimulai pukul pukul 18.30 WIB.

Camat Gekbrong Adang Sumariyadi mengatakan, kegiatan tersebut rutin dilaksakan tiap tahunnya. “Alhamdulillah mereka antusias mengikuti kegiatan ini,” katanya.

Adang mengatakan, para peserta mayoritas adalah pelajar Madrasah Diniyah, pemuda dan orangtua murid. “Mayoritasnya siswa-siwi Madrasah Diniyah, karena motor dari kegiatan ini adalah FDKT Gekbrong,” katanya.

Sementara, puluhan botol miras berbagai merk dan oplosan berhasil diamankan Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Sukaluyu dalam kegiatan operasi rutin serta pengamanan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441 Hijiriah.

Kegiatan itu dihadiri Kapolsek Sukaluyu AKP Bambang Kristiono, Kaposmil Sukaluyu Peltu Dedi Sumardi, Satpol PP Kecamatan Sukaluyu Nandi Rohendi dan jajaran anggota Polsek Sukaluyu.

Kapolsek Sukaluyu, AKP Bambang Kristiono mengatakan, sebanyak 91 miras berbagai merek, 66 kantong Oplosan, dan setengah galon miras oplosan diamankan pada malam tahun baru Islam di tiga titik di Kecamatan Sukaluyu.

“Kami mengamankan barang tersebut di tiga kios Jalan Raya Bandung Desa Selajambe, Tungturunan Desa Hegarmanah, dan Jalan Cianjur-Jonggol Desa Sindangraja,” ujarnya.

Semua barang bukti hasil dari razia, saat ini diamankan dan dikumpulkan terlebih dahulu, nantinya akan diserahkan ke Polres Cianjur untuk dimusnahkan.

“Untuk para pedagang kami hanya memberi peringatan agar tidak menjual kembali barang tersebut,” sambungnya.

Pihaknya beserta Forkopimcam akan terus menggelar rutin operasi miras agar wilayah Kecamatan Sukaluyu bebas dari minuman beralkohol.

“Kita ingin kedepannya menjadi zona nol persen alkohol. Selain kios depot, warung remang-remang pun kita tertibkan, sesuai julukan Kabupaten Cianjur, sebagai Kota Santri,” tutupnya.
(dil/kim)