Rapat Paripurna Bahas Pansus AKD, Enam Anggota Dewan Bolos

TIDAK LENGKAP: 44 Anggota DPRD Kabupaten Cianjur melaksanakan Rapat Paripurna yang membahas mengenai panitia khusus (pansus). FOTO: Hakim/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Enam anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Cianjur yang baru dilantik sudah bolos.

Hal itu tidak terlihat pada Rapat Paripurna DPRD yang dilaksanakan, Selasa (3/9) kemarin. Pasalnya, beberapa kursi pada ruang rapat terlihat kosong.

Dari 50 anggota dewan, hanya 44 yang hadir pada rapat siang itu. Enam diantaranya berhalangan hadir seperti Sapturo, Susilawati, Dadang Sutarmo, Lepi Ali Firmansyah, Lika Nurhayati dan Teti Sri Hayati.

Paripurna yang sebelumnya dijadwalkan pada pukul 09.00 WIB itu terlambat sekitar satu setengah jam, sehingga rapat baru dimulai pada pukul 10.30 WIB.

Bukan hanya itu, rapat tersebut tidak dihadiri oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) yang hanya diwakili.

Pada rapat paripurna tersebut membahas mengenai pembentukan panitia khusus (pansus) yakni pansus Alat Kelengkapan Dewan (AKD) dan Tata Tertib.

Pimpinan Sementara DPRD Kabupaten Cianjur, Deden Nasihin mengatakan, rapat paripurna saat ini membahas mengenai pembentukan panitia khusus. “Paripurna kali ini membahas mengenai beberapa pansus,” ujarnya.

Di tengah-tengah rapat, sempat ada skorsing waktu selama 10 menit. Hal tersebut dikarenakan pimpinan sementara melakukan pembicaraan dengan perwakilan anggota dewan untuk penunjukan pansus.

Setelah skorsing, rapat dilanjutkan dengan hasil penunjukan ketua pansus. Ketua Pansus AKD dan Kode Etik dipimpin oleh Prasetyo Harsanto dan Ketua Pansus Kode Etik Sahli Saidi.

Lanjut pria yang disapa Denas ini, pansus kode etik ini nantinya bersinergi dengan badan kehormatan. “Nanti kalau ada anggota dewan yang melanggar aturan di kode etik maka tata beracara di badan kehormatan yang akan menindak,” terangnya.

Setelah rapat paripurna selesai sekitar pukul 11.45 WIB, anggota dewan siangnya kembali menggelar rapat pansus yang sudah disepakati sebelumnya.(kim)