Rumah Warga Dibongkar, Warga Kampung Naringgul Bogor Gelar Aksi Bakar Ban

Petugas berusaha memadamkan api yang membakar ban saat aksi pembongkaran di Kampung Naringgul, Cisarua, Rabu (4/9/2019). Foto: Radar Bogor

RADARCIANJUR.com – Pembongkaran bangunan rumah warga di Kampung Naringgul, Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, berlanjut hari ini, Rabu (4/9/2019).

Dari informasi yang diperoleh di lapangan, warga kembali melakukan aksi penolakan terhadap pembongkaran tahap dua itu.

Untuk menghadang petugas mereka sempat membakar ban dan puing-puing sisa bangunan di jalan. Petugas damkar pun langsung sigap memadamkan api.

Salah satu warga Kampung Naringgul, Dedi (35) mengatakan bahwa warga sebenarnya ingin diberi kepastian oleh Pemkab Bogor soal nasib mereka ke depan pasca pembongkaran.

“Sebelumnya tidak ada pemberitahuan, tiba-tiba diberi surat peringatan (SP) lalu langsung digusur. Pembongkaran ini menimbulkan dampak terhadap perekonomian warga, karena sebagian usaha mereka sudah rata dengan tanah,” tutur Dedi.

Berdasarkan keterangan Kepala Bidang Ketertiban Umum (Tibum) pada Satpol PP Kabupaten Bogor, Ruslan, 25 bangunan semi permanen yang bakal ditertibkan jajarannya hari ini.

Sebagian besar bangunan merupakan tempat tinggal di atas lahan milik negara dan ada juga bangunan yang diperuntukan untuk home stay. “Kita akan gunakan dua alat berat untuk eksekusi penertiban,” ujarnya.

(rey/ysp/rb)