Dana Pilkada Tunggu Hingga Bulan Oktober

Pilkada 2020

RADARCIANJUR.com –Tahapan pemilihan kepala daerah (pilkada) 2020 saat ini masih dalam tahap perencanaan penyusunan anggaran yang sudah diusulkan kepada pihak daerah.

Dana yang diusulkan sebesar Rp83 Miliar, namun saat ini Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Cianjur belum memberikan persetujuan pasti mengenai dana yang akan dialokasikan nanti. Pasalnya tidak hanya KPUD Cianjur saja, namun ada lembaga-lembaga lainnya yang turut dalam pesta demokrasi ini.

Besaran dana tersebut berdasarkan susunan anggaran dari dasar hukum tahun 2015. Alokasi dana tersebut digunakan untuk honor pegawai, belanja modal, belanja pegawai dan logistik.

“Dana yang kita ajukan sebesar Rp83 Miliar, kalau untuk di angka Rp61 Miliar itu kita belum ada pemberitahuan secara formal,” ujar Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Cianjur, Selly Nurdiah.

Pada Pilkada 2020 terdapat dua tahapan, yakni tahapan persiapan dan tahapan penyelenggaraan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 serta PKPU Nomor 15 Tahun 2019. Untuk pencalonan masuk dalam tahapan penyelenggaraan yang dilaksanakan sekitar bulan Maret-Juni 2020.

Lanjutnya, calon dari partai serta independen berbeda. Calon dari independen lebih dahulu melakukan tahapan penelitian syarat administratif pada bulan Oktober 2019. “Kalau independen di bulan Oktober 2019 sudah melakukan penelitian administratif berkaitan dengan pemenuhan dukungan untuk perseorangan melalui Kartu Tanda Pendudu (KTP), setelah selesai lalu penelitian faktual,” paparnya.

Untuk keabsahannya calon dari independen memenuhi syarat atau tidak itu minimal mendapatkan dukungan 6,5 persen dikali daftar pemilih tetap (DPT) yang ada di Kabupaten Cianjur atau minimal 101.000 pemilih. Jika memenuhi dan benar, masuk sebagai calon kepala daerah dan di bulan Maret 2020 bisa mencalonkan.

Sementara calon yang sudah memiliki partai hanya tinggal mendaftarkan saja pada bulan Maret 2020, tidak seperti independen yang harus melalui tahapan-tahapan yang sudah ditetapkan KPU.

(kim)