Satlantas-BNNK Cianjur Periksa Angkum dan Sopir

PENGECEKAN: Satuan Polisi Lalulintas (Satlantas) Polres Cianjur bersama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cianjur dan BNNK Cianjur melaksanakan pemeriksaan kendaraan dan supir. FOTO: Hakim/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Kepolisian Resor (Polres) Cianjur melalui Satuan Lalulintas (Satlantas) bersama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cianjur dan Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Cianjur melakukan ram cek (pemeriksaan fisik dan kelengkapan surat) di Terminal Pasir Hayam kemarin.

Beberapa bus serta angkutan umum pun tak luput dari pemeriksaan.

Bahkan salah satu bus pada ban bagian kanan didapati kurangnya satu baut yang mengunci ban. Meski dirasa masih dalam tahap aman, supir bus pun diharuskan melengkapi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

KBO Lantas Polres Cianjur, Iptu Anjar M mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan secara gabungan dengan objek yakni dari pengemudi dan kelaikan kendaraan.

“Setelah kami melakukan pengecekan, kami mendapatkan beberapa temuan kendaraan bus yang tidak dilengkapi dengan peralatan keselamatan seperti tidak adanya palu pemecah kaca,” ujarnya.

Ram cek tersebut nantinya akan kembali dilaksanakan sesuai periode selanjutnya keterkaitan hasil dari ram cek saat ini.

Sementara itu, Kabid Lalulintas Dishub Kabupaten Cianjur, Joni menuturkan, kendaraan yang dicek terdapat satu kendaraan yang tidak ada baud roda. Meski masik bisa melakukan perjalanan, namun bus tersebut tetap harus melengkapi.

“Dari hasil dari tim penguji tadi terdapat satu bus yang baud rodanya kurang satu tapi meski bisa melanjutkan perjalanan namun tetap harus dilengkapi,” terangnya.

Selain itu, ada pula kendaraan yang habis masa trayeknya dan harus segera diperpanjang. Guna menghindari kecelakaan yang disebabkan oleh kendaraan besar, pihaknya akan bersama-sama dengan Satlantas Polres Cianjur akan melakukan pemeriksaan ekstra.

“Kita sudah minta kepada sopir untuk menyampaikan kepada pemilik kendaraan agar melengkapi yang kurang pada kendaraan agar selamat di perjalanan,” tutupnya.

(kim)