Identitas Anak Berkelamin Ganda Asal Cianjur Tunggu Hasil Cek Kromosom

KELAMIN GANDA: Aimar pemilik alat kelamin ganda berada dalam pangkuan ayahnya. Fadilah Munajat/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Aimar (3), seorang anak yang memiliki kelamin ganda di Kampung Malereng, Rr 05 RW05, Desa Kertamukti, Kecamatan Haurwangi, kembali melakukan kontrol kesehatan di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS), (5/9)

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, dr. Irvan Nur Fauzy mengatakan, Aimar tengah berada di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS), Bandung untuk melakukan pemeriksaan rutin.

“Saat ini anak Aimar berada di RSHS untuk melakukan kontrol kesehatan,” katanya.

Irvan mengatakan pada dasarnya perawakan anak tersebut menyerupai laki-laki. Namun, menurutnya, untuk mendapatkan kepastian identitas masih harus menunggu hasil cek kromosom.

“Nanti harus menunggu hasil cek kromosom. Karena kromosom itu kan menentukan identitas, antara harus laki-laki atau perempuan,” ujarnya.

Menurut Irvan, apabila hasil dari cek kromosom telah keluar, maka akan dilakukan operasi serta pengobatan hormonal secara rutin untuk Aimar.

“Setelah hasilnya keluar dan ditentukan laki-laki atau perempuan, kedepannya akan dilakukan operasi. Setelah itu akan terus dilakukan pengobatan hormonal secara rutin,” katanya.

Irvan mengatakan terkait dengan biaya operasi, belum bisa dipastikan semuanya akan ditanggung BPJS, namun ia berharap ada bantuan untuk pembiayaan operasi Aimar.

“Untuk biaya masih belum tahu akan dicover BPJS atau tidak. Tapi, Mudah-mudahan kedepannya akan ada bantuan untuk penanganan biaya operasi anak tersebut,” ujarnya

Lanjut Irvan, Dinkes melakukab pendampingan kepada Aimar dalam proses pengobatan ke RSHS. Selain itu, Irvan mengatakan bahwa pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak kesehatan di RSHS.

“Untuk saat ini di tingkat kabupaten, masih dalam tahap melakukan pendampingan ke RSHS, dan juga kami akan berkoordinasi dengan pihak kesehatan di RSHS.” pungkansya.

(dil)