Manfaatkan ADD, Ciwalen Bangun Jalan dan TPT

DIBANGUN: Jalan desa serta pembangunan TPT sedang digulirkan. FOTO: DADAN SUHERMAN/ RADAR CIANJUR

RADARCIANJUR.com – Anggaran Dana Desa (DD) dari pemerintah pusat, dimanfaatkan Pemerintah Desa Ciwalen, Kecamatan Sukaresmi untuk membenahi berbagai fasilitas umum, seperti perbaikan jalan dan pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT).

Sekretaris Desa Ciwalen, Lukman Suhendar mengatakan, salah satu upaya untuk mensejahterakan warga desa melalui peningkatan pertumbuhan ekonomi, pihaknya telah melaksanakan berbagai pembangunan serta pembenahan infrastruktur dan fasilitas umum. Di antaranya dengan perbaikan jalan serta pembangunan TPT yang dibiayai dari DD tahap kedua tahun anggaran 2019.

“Pembenahan fasilitas umum kali ini kami telah lakukan dengan memperbaiki jalan dan pembangunan TPT. Ini juga yang merupakan bentuk kepedulian pemerintah, mulai dari pemerintah desa sampai pemerintah pusat,” kata Lukman.

Pembangunan infrastruktur yang dilaksanakan tersebut meliputi TPT di Kampung Cimanggu Cibalagung. Panjang pembangunan 370 meter dan lebar tiga meter. Dari sebelumnya yang hanya memiliki lebar 1,5 meter.

Hal tersebut dilakukan guna mengantisipasi akses jalan warga supaya lebih aman. “Untuk anggarannya itu sekitar 455 juta dengan menggunakan penyangga, dan bronjong. Tingginya pun hingga tiga meter, karena sebagai pembatas lahan sawah warga juga,” terangnya.

Lukman mengatakan, pembangunan lainnya yakni jalan lingkungan dengan sistem rabat beton di Kampung Pasir Huni Cibalagung. Jalan tersebut bisa menghubungkan ke kampung lainnya, dengan jarak yang cukup jauh. Sehingga jalan itu salah satu akses vital bagi warga.

“Jalan yang kami benahi baru sekitar 235 meter, dengan lebar 3 meter, dan tinggi 15 cm. Dengan menggunakan anggaran 106 juta,” tambahnya.

Pelaksanaan pembangunan ini, menurut Lukman, merupakan hasil dari musyawarah dusun (Musdus) di tiap-tiap kedusunan pada tahun 2018. Aspirasi masyarakat inilah yang direalisasikan tahun 2019 sebagai bentuk keseriusan pemerintah desa kepada warganya.

“Kalau dilaksanakan seperti ini kan biar tidak menimbulkan konflik. Sehingga warga yang telah sepakat pada saat Musdus waktu lalu bisa merasakan manfaatnya,” ujarnya.

Adapun pengerjaan dua pembangunan itu bisa dilaksanakan hingga sebulan lebih. Pasalnya, akses jalan ke tempat pembangunan cukup sulit. Sehingga dikerjakan dengan waktu yang cukup lama serta melibatkan warga setempat.

“Mungkin dampak itu setelah dibangun jalan nantinya kalau kita punya tanah disana, harganya itu bisa menjadi naik, karena akses ke jalan besar pun menjadi lebih mudah,” kata Lukman.

Selain itu, dalam merealisasikan anggaran DD, pihaknya juga menggulirkan untuk PKK dengan melaksanakan kegiatan seperti pembinaan dan pelatihan kader yang baik. Dengan kegiatan itu, kader PKK bisa menambah ilmu serta mendapatkan uang saku.

“Kami juga merangkul unsur-unsur desa lain, sehingga bisa sama-sama diberdayakan untuk kesejahteraan warga,” ucapnya.

Diharapkan, dengan seluruh kegiatan yang dilaksanakan tersebut bisa lebih terasa manfaatnya dan pembangunan infrastruktur dan bisa sama-sama merawatnya. Sehingga rasa memiliki Desa Ciwalen bisa lebih tumbuh.

“Kalau dulu kebanyakan anggaran itu untuk pembangunan infrastruktur, tetapi kali ini dibarengi juga dengan pembentukan sumber daya manusia yang handal. Walaupun tidak mudah, tetapi ini merupakan proses bagi kita semua untuk lebih baik,” pungkasnya.

(dan)