Cara SDN Ibu Dewi 5 Bentuk Karakter Siswa

KOMPAK: Puluhan Siswa sedang mengikuti kegiatan Ektrakurikuler Pramuka. FOTO:Ardi Mardiansyah/Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Guna menerapkan sikap disiplin serta membentuk karakter siswa. SDN Ibu Dewi 5 gencar menggelar acara pelatihan baris-berbaris pramuka.

Kepala SDN Ibu Dewi 5, Lilis Nuraeni mengatakan, dengan diterapkannya ekstrakurikuler (ekskul) pramuka ini diharapkan para siswa dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan sekolah maupun di rumah, bahkan dalam pergaulan sesama teman.

“Selain itu juga diharapkan dapat membetuk suatu watak yang bagus dan pribadi yang disiplin siswa. Pasalnya, dalam pembentukan karakter dan kepribadian seseorang harus dimulai sejak dini. Sehingga diharapkan kelak mempunyai sifat disiplin dan mempunyai tanggung jawab yang tinggi,” katanya.

Beragam materi ekskul pramuka diajarkan kepada siswa, di antaranya materi baris-berbaris. Karena dengan digencarkannya latihan baris-berbaris upaya agar para siswa memiliki rasa kebangsaan serta pengetahuan tentang wawasan kebangsaan guna menanamkan rasa cinta tanah air.

“Kegiatan latihan baris-berbaris yang dilaksanakan kali ini merupakan secara tidak langsung untuk memberikan latihan fisik agar tetap terjaga dan prima,” pungkasnya.

(cr1)