Desa Gadog Siapkan Ambulan Bagi Warga

FOTO: DADAN SUHERMAN/ RADAR CIANJUR

RADARCIANJUR.com – Guna memberikan pelayanan yang lebih maksimal kepada warganya, Pemerintah Desa Gadog Kecamatan Pacet, telah menyiapkan satu unit ambulance yang siap digunakan untuk para warga desa setiap harinya.

Kepala Desa Gadog, Miftahudin mengatakan, warga Gadog kini bisa menggunakan fasilitas penunjang kebutuhan kesehatan secara gratis. Artinya dalam pemakaian ambulance itu tidak dikenakan biaya, namun untuk teknis operasional sifatnya partisipatif dari pengguna.

“Jadi bagi pengguna atau warga itung-itung sekaligus bisa sedekah untuk bensin dan supir ambulance. Artinya bisa sama-sama membantu dalam operasional fasilitas umum ini, bagi kelangsungan kita semua,” terangnya.

Dengan adanya penunjang operasional kesehatan tersebut, diharapkan Miftah, bisa semakin menambah kemudahan warga desa ketika akan menggunakan kendaraan saat terjadi sesuatu yang mendesak, baik ke puskesmas, rumah sakit, maupun ke fasilitas kesehatan lain.

“Alhamdulilah, beberapa hari ini pemerintah desa sudah memiliki satu unit ambulance lengkap dengan alat pendukung penanganan medisnya seperti brankar, kursi paramedis, almari peralatan dan kotak obat,” tuturnya.

Diakui orang nomor satu di Desa Gadog itu, mobil ambulan tersebut memang sebelumnya sudah sangat didambakan masyarakat Desa Gadog. Bahkan, usulan mobil ambulan tersebut sebelumnya sudah masuk dalam Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrembangdes) tahun 2018 lalu.

“Anggarannya berasal dari anggaran Dana Desa (DD) pemerintah pusat tahun 2019 tahap dua sebesar Rp 231 juta,” jelasnya.

Miftah menuturkan, tujuan disediakannya mobil ambulan desa adalah salah satu faktor kebutuhan yang cukup krusial saat terjadi penanganan kesehatan bagi warga. Maka dari itu Pemdes sangat mengupayakan direalisasikannya sarana transportasi penunjang ini.

“Pernah sewaktu ketika ada warga yang sakit lalu membutuhkan penanganan medis lebih lanjut, mobil ambulannya terpaksa kita pinjam dari puskesmas terdekat,” ungkap Miftah.

Miftah sangat mengimbau, bagi masyarakat Desa Gadog yang membutuhkan ambulan tersebut tinggal datang ke kantor desa saja. Atau bisa menghubungi ke ketua RT setempat, yang nantinya bisa dibantu untuk dihubungkan ke pihak desa agar bisa secepatnya untuk membawa pasien ke tempatnya.

“Saya berharap mobil ambulan ini betul-betul bisa bermanfaat untuk masyarakat desa gadog. Serta adanya saling merawat. Karena fasilitas ini juga digunakan bagi kita semua,” tandasnya.
(dan)