Dua Haji Cianjur Tertahan tak Bisa Pulang

TIDAK LENGKAP: Jamaah haji Kabupaten Cianjur kloter 71 dan 72 sudah tiba di Kantor Kementrian Agama (Kemenag) kemarin. FOTO: Hakim/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Jamaah haji Kabupaten Cianjur kloter terakhir yakni 71 dan 72 tiba di Kantor Kementrian Agama (Kemenag) kemarin. Namun kepulangan jamaah haji tersebut tidak bersamaan, kloter 71 tiba lebih awal sekitar pukul 17.00 WIB dengan jumlah jamaah 158 orang. Sementara kloter 72 tiba dua jam setengah setelahnya yakni sekitar pukul 19.30 WIB dengan jumlah jamaah 398 orang.

Jumlah jamaah berbeda dengan pemberangkatan di kloter 72 yang seharusnya 403 menjadi 398 orang dikarenakan dua jamaah harus dirawat di dua rumah sakit yang berbeda yakni rumah sakit Kota Mekkah dan Madinah. Dua jamaah tersebut yaitu Erik (40) jamaah asal Kecamatan Karangtengah dan Dioh (80) asal Kecamatan Cianjur.

Kedua jamaah tersebut menderita sakit saat akan melakukan persiapan pulang menuju Tanah Air, hingga akhirnya harus menunda. Sementara tiga orang lainnya sudah pulang lebih awal dikarenakan sakit dan atas permintaan jamaah haji.

Kasi Haji dan Umroh Kemenag Kabupaten Cianjur, Tavip Supriyadi membenarkan kabar mengenai dua orang jamaah haji yang masih di Tanah Suci dan tiga orang yang pulang lebih awal. Untuk sakit yang diderita, dirinya belum mengetahui disebabkan kelelahan atau sebab lainnya.

Namun sakit yang diderita bukan karena penyakit serius maupun virus mers. “Dua orang jamaah atas nama Erik (40) asal Kecamatan Karangtengah dan ibu Dioh (80) Kecamatan Cianjur di rawat di rumah sakit berbeda yaitu di Mekkah dan Madinah, kalau untuk yang tiga orang itu karena sakit juga dan meminta pulang lebih awal,” ujarnya

Ada hal yang menarik ketika jamaah haji turun dari bus, salah satu jamaah asal Kecamatan Cilaku langsung meminta bubur asli Cianjur. Hal itu dikarenakan sudah lama ingin memakan bubur khas Cianjur setibanya di Kantor Kemenag Cianjur. “Semua jamaah baik-baik saja, yang pakai kursi roda serta digendong pihak keluarga, itu dikarenakan kelelahan selama perjalanan yang pasti semua alhamdulillah sehat,” tutupnya.

(kim)