Indonesia Lawan Thailand, Saatnya Bangkit!

RADARCIANJUR.com – Tim Nasional Indonesia akan melakoni pertandingan keduanya melawan tim tangguh lainnya, Thailand. Pertandingan antara Indonesia vs Thailand akan dihelat hari ini, Selasa (10/9) pukul 19.30 WIB di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Pelatih tim nasional Indonesia Simon McMenemy mengatakan, skuatnya sangat termotivasi untuk menaklukkan Thailand dalam laga lanjutan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, Selasa (10/9), usai dikalahkan Malaysia 2-3 di pertandingan sebelumnya. “Apa yang saya suka dari skuat ini adalah semua pemain ingin bangkit setelah kami merasa sedih kemarin,” ujar Simon dalam konferensi pers sebelum laga di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Senin (9/9).

Pelatih asal Skotlandia itu melanjutkan, semangat skuat berjuluk Garuda bertambah karena sebenarnya Indonesia mampu menguasai pertandingan meski takluk dari Malaysia.

Konsentrasi dan stamina yang tak maksimal membuat mereka kecolongan di menit akhir dan kalah 2-3 meski sebelumnya unggul 2-1. “Saat ini yang penting bagaimana kami mampu bangkit dari kekalahan. Ini tantangan bagi skuat bagaimana menghadapi tim Thailand yang berpengalaman dan membuktikan kepada masyarakat bahwa performa timnas Indonesia sesuai harapan,” kata Simon.

Sementara kapten timnas Indonesia Andritany Ardhiyasa menegaskan bahwa semua pemain sudah melupakan hasil negatif di laga versus Malaysia.

Timnas Indonesia dalam kondisi siap fisik dan mental untuk bertanding dan mengandaskan perlawanan Thailand. “Kami ingin menang dan mengembalikan kepercayaan kepada masyarakat,” tutur penjaga gawang klub Persija Jakarta itu.

Tim nasional Indonesia saat ini berada di peringkat terbawah atau posisi kelima klasemen sementara Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2020 zona Asia dengan nol poin dari satu laga.

Ada pun Thailand bertengger di posisi kedua dengan satu poin usai bermain 0-0 di laga perdananya kontra Vietnam, Kamis (5/9). Laga Indonesia melawan Thailand dimulai pada pukul 19.30 WIB di SUGBK, Jakarta.

Selain Indonesia versus Thailand, Grup G juga akan mempertandingkan timnas Malaysia kontra Uni Emirat Arab (UEA) di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, juga pada Selasa (10/9).

McMenemy pun diyakini akan mencoba beberapa pemain yang tak diturunkan di laga pertama melawan Malaysia. Mereka pantas untuk dicoba sejak menit awal. Irfan Bachdim dan Yanto Basna adalah dua pemain yang duduk di bangku cadangan saat melawan Malaysia. Pengalaman mereka yang pernah tampil di Liga Thailand menjadi modal tersendiri.

Bachdim bisa menggantikan Andik Vermansah di posisi winger, sementara Yanto Basna bisa menjadi tandem Hansamu Yama di lini belakang. Posisi penjaga gawang sendiri nampaknya masih akan dimainkan oleh sang kapten, Andritany Ardhiyasa. Walau dirinya tampil buruk di laga pertama.

Selain itu cedera yang didapat oleh Ricky Fajrin bisa membuat Ruben Sanadi bermain sejak menit awal. Di lini tengah duet gelandang Zulfiandi dan Evan Dimas masih menjadi andalan McMenemy.

Beto Goncalves nampak tak tergantikan di lini depan, usai mencetak dua gol kontrak Malaysia. Ia akan kembali didukung oleh Stefano Lilipaly dan Saddil Ramdani dalam membangun serangan.(bol)