Irvan Rivano Muchtar Divonis Lima Tahun, Ini Hukuman Tiga Tersangka Lainnya

TERTUNDUK: Irvan Rivano Muchtar menerima segala keputusan majelis hakim saat menjalani sidang vonis di PN Tipikor Bandung

RADARCIANJUR.com – Sidang Bupati Cianjur non aktif, Irvan Rivano Muchtar yang menjadi terdakwa kasus korupsi dana alokasi khusus (DAK) SMP digelar kemarin. Persidangan yang dilaksanakan pada pukul 13.00 WIB tersebut digelar di Pengadilan Tipikor Bandung, Jalan LLRE Martadinata, Kota Bandung dengan agenda pembacaan vonis.

IRM divonis hukuman lima tahun penjara dan diwajibkan membayar denda sebesar Rp250 juta subsidair tiga bulan kurungan. PN Tipikor Bandung, menilai Irvan telah melakukan korupsi pemotongan Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk pembangunan fisik SMP di Kabupaten Cianjur 2017.

Ketua Majelis Hakim, Daryanto menjelaskan, terdakwa Irvan terbukti secara sah bersalah melakukan tindak pidana korupsi atas DAK SMP Kabupaten Cianjur 2017.

“Irvan Rivano Muchtar terbukti secara sah bersalah melakukan tindak pidana korupsi sebagaimana pasal 12 huruf f. Menjatuhkan pidana penjara selama 5 tahun, denda Rp 250 juta, subsidair 3 bulan kurungan,” tutur Hakim Daryanto, dalam membacakan amar putusannya.

BACA JUGA: Divonis 5 Tahun Penjara, Hak Politik Irvan Rivano Muchtar Tak Dicabut

Lanjutnya, hal-hal yang menjadi pertimbangan dijatuhkannya hukuman tersebut adalah perbuatan IRM tidak mendukung upaya pemerintah dalam pemberantasan tindak pidana korupsi dan melukai dunia pendidikan sekaligus tidak mengakui perbuatannya.

Di sisi lain, IRM telah menyalahgunakan kekuasaan dan jabatannya selaku Bupati Cianjur yang mempunyai kewenangan, antara lain melaksanakan penyelengaraan pemerintahan di Kabupaten Cianjur. “Terdakwa memaksa seseorang yaitu memaksa para kepala sekolah penerima DAK fisik bidang pendidikan SMP Tahun Anggaran 2017 dan memerintahkan untuk memotong penerimaan DAK fisik tersebut,” jelasnya.

Tuntutan lima tahun yang dijatuhkan karena adanya tersangka lain seperti Cecep Sobandi, Rosidin dan Cepi. Vonis yang diterima tersangka lainnya berbeda-beda yakni Cecep Sobandi empat tahun, Rosidin lima tahun dan Cepi empat tahun, semua vonis yang dijatuhkan sesuai dengan tuntutan yang dibacakan di sidang sebelumnya.

(azs/radarbandung)