Sambut 10 Muharram, Puluhan Ribu Warga Pacet Turun ke Jalan

FOTO: DADAN SUHERMAN/ RADAR CIANJUR

RADARCIANJUR.com – Menyambut 10 Muharram 1441 Hijriyah, puluhan ribu warga dari berbagai elemen masyarakat mengikuti pawai, Selasa (10/9). Pawai dimulai dari depan kantor Kecamatan Pacet dan berakhir di lapangan Bina Raga, Desa Ciherang.

Sejumlah unsur masyarakat, seperti Muspika, OKP, pelajar dari mulai kanak-kanak, SD, SMP, hingga SMA ikut meramaikan pawai tersebut.

“Menyambut Tahun Baru Islam ini tetap kami tekankan untuk bisa sama-sama mempersatukan umamt dan menciptakan kerukunan ummat beragama. Makanya kami satukan dalam kegiatan Gebyar Muharram ini,” papar Ketua MUI Kecamatan Pacet, Ade Muchlis.

Kegiatan tersebut, menurutnya, sebagai momentum untuk menjalin hubungan silaturahmi antar ummat dari pemerintahan hingga lapisan masyarakat lainnya.

“Kalau jumlah peserta sebanyak kurang lebih 20 ribu dan lebih meriah dibandingkan dengan tahun kemarin,” ujarnya.

Pihaknya berharap, sebagai penduduk yang ada di Kecamatan Pacet ini, bisa bersatu serta menjaga ukhuwah islamiah di berbagai wilayah. Dengan begitu, momentum seperti ini bisa terus digalakkan sehingga terjadi keseimbangan.

“Kami juga menggelar santunan terhadap jompo, yatim, dan terakhir pada malam harinya ada tabligh akbar,” tukasnya.

Senada dikatakan Camat Pacet, Nana Victoria. Melihat antusias serta semangat dari anak-anak yatim dan para peserta pawai, dirinya sangat terharu, bahagia dan bangga.

Selain itu, karena 10 Muharram ini merupakan harinya anak yatim, pihaknya juga mengumpulkan dana bantuan dari sejumlah donatur. Terlebih dari pemilik warung nasi Alam Sunda yang bersedia menyiapkan santunan untuk 500 anak yatim.

“Kami dari pemerintah kecamatan mengucapkan terimakasih kepada para donatur sehingga kegiatan ini juga bisa terlaksana baik. Kedepannya, kegiatan semacam ini bisa menjadikan anak-anak yang lain itu lebih memahami, mengerti, dan mesti mencintai yatim,” kata Nana.

(dan)