Meriahnya Gebyar Muharram di Desa Cimacan, Diisi Tausyiah Puluhan Ulama

KHIDMAT:Puluhan ulama dan habaib hadir dalam peringatan 10 Muharram Desa Cimacan. FOTO:DADAN SUHERMAN/ RADAR CIANJUR

RADARCIANJUR.com -Dalam rangka memperingati tahun baru Islam 1441 Hijriyah, pemerintah Desa Cimacan menggelar tabligh Akbar dengan mengundang sebanyak 30 ulama, habaib dari berbagai wilayah di Indonesia serta Timur tengah, Selasa (10/9) malam.

Dalam rangkaian sebelumnya, pihak panitia bersama pemerintah desa melaksanakan terlebih dulu pawai ta’aruf dan santunan kepada yatim di pagi 10 Muharram kemarin.

Kepala Desa Cimacan, Dadan Supriatna mengatakan, sebelum menggelar tabligh Akbar pada malam hari, pihaknya melaksanakan dulu pawai ta’aruf yang diikuti sekitar 2000 warga dan santunan sebanyak 235 yatim.

“Alhamdulillah pada pelaksanaannya berjalan baik. Kegiatan ini memang menjadi agenda rutin warga Desa Cimacan setelah 15 tahun melaksanakan hal serupa hingga kini,” kata Dadan.

Ia mengatakan, dalam pawai ta’aruf, para peserta terdiri dari berbagai elemen masyarakat yang ada di Desa Cimacan. Seperti santri pengajian, perwakilan sekolah, ibu-ibu pengajian, serta hampir seluruh warga yang ada di Desa Cimacan.

“Kegiatan ini bisa terlaksana berkah dari infak dan sedekah warga desa yang dikumpulkan sejak tahun 2018. Ada yang berinfaq 50 ribu, hingga 100 ribu. Alhamdulillah Muharram tahun ini bisa terlaksana lebih meriah dari kegiatan Muharram sebelumnya,” ungkapnya.

Program warga desa tersebut, menurut Dadan, tak lepas daripada dukungan yang diberikan oleh forum RT RW, MUI desa, K3 Cibodas, Karang taruna desa, para Dewan Kemakmuran Masjid (DKM), serta majlis taklim yang ada di Desa Cimacan.

“Total anggaran untuk kegiatan gebyar Muharram kali ini Alhamdulillah bisa terkumpul sekitar Rp130 juta. Adapun sisa kekurangannya, kami dari pemerintah desa turut membantu demi kelancaran program warga ini,” kata Dadan.

Orang nomor satu di Desa Cimacan tersebut mengucapkan banyak terima kasih atas antusias masyarakat Desa Cimacan yang telah bersedia mengikuti serta mendukung acara tersebut. Tak lupa jajaran Muspika yang ada di Kecamatan Cipanas, TNI, Polri juga yang telah membantu dan mendukung dalam keamanan acara tersebut.

“Dengan kegiatan ini kami berharap, bisa menumbuhkan kebersamaan dan meningkatkan nilai ukhuwah islamiah dalam membangun warga Desa Cimacan yang maju dan agamis,” pungkasnya.

(dan)