2020 Cianjur Bakal Punya Sirkuit, Ini Lokasinya

Deni Sunarya disela-sela kontes modifikasi mobil. Foto Fadilah Munajat/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Prestasi dunia otomotif di tingkat nasional telah mengangkat nama Cianjur seperti di kejuaraan Drag Race mobil dan kejuaraan lainnya. Sayangnya, hal itu tak didukung dengan kehadian sirkuit yang memadai untuk melatih dan mencetak generasi atlet balap baru dari Cianjur di dunia otomotif.

Tokoh otomotif Cianjur, Deni Sunarya mengatakan, keberadaan sirkuit diyakini bisa memotivasi atlet yang ada di Cianjur.

“Saya berharap acara seperti lomba slalom dan modifikasi bisa merangsang semua pihak untuk segera menyelesaikan sirkuit yang kabarnya akan dibangun,” ujar pria yang akrab disapa Mang Gawel ini, Sabtu (14/9).

Ia mengatakan, even besar kedua kali di Cianjur juga sebagai tuan rumah banyak menerjunkan peserta aktif. “Harapannya bisa segera diselesaikan sirkuit tahap pertama yang akan dibangun di Cianjur,” ujarnya.

Mang Gawel mengatakan, even besar dunia otomotif juga diyakini bisa menarik pariwisata dan pengunjung yang datang ke Cianjur.

“Banyak yang berwisata tentu ini menaikan PAD Cianjur, ada juga kalangan pedagang di sekitar area yang tentu kena imbas dengan adanya kegiatan seperti ini,” ujarnya.

Mang Gawel mengatakan, Cianjur saat ini memiliki pebalap nasional seperti Muhamad Herdy Fauzi yang meraih juara nasional kejuaraan Drag dan Touring. Karena itu, sejatinya sudah tidak ada alasan Cianjur ini menunda-nunda pembangunan sirkuit balap.

“Kan tidak bibit-bibit muda ini lahir dari lintasan balap liar. Yang ada malah mengganggu masyarakat,” tegasnya.

Sementara itu, Investor asal Cianjur Iyul Sulinah mengatakan, di tahun 2020 nanti pihaknya akan segera membangun sirkuit yang berlokasi di Kecamatan Cilaku.

Menurutnya, sebagai investor, pihaknya saat ini masih menunggu intruksi selanjutnya dari Pemkab Cianjur. “Mudah-mudahan ditahun 2020 nanti pembangunan Sirkuit di Cianjur akan segera terealisasi,” katanya.

Dikatakannya, pembangunan sirkuit balap di Cianjur ini akan sedikit memakan waktu yang cukup lama. Pasalnya, lokasi yang saat ini tengah dilakukan cut and field itu konturnya berbukit.

“Artinya kami harus memangkas bukit tersebut, selain itu perlu adanya kajian-kajian kaitan dengan tekstur tanah. Berapa kekuatan tanah tersebut dan apakah nantinya lahan untuk sirkuit tersebut benar-benar cocok atau tidaknya harus ada pengkajian terlebih dahulu,” jelas Iyul Sulinah.

Menurutnya, pembangunan akan dimulai pada tahun 2020. Dengan berbagai fasilitas yang lengkap dan berkelas nasional. “Mohon doa dan restunya saja, semoga awal tahun 2020 nanti, pembangunan sirkuit bisa dilaksanakan,” katanya.

Kendati masih merahasiakan bentuk sirkuit, pihaknya memastikan sirkuit yang akan dibangun di Cianjur merupakan sirkuit baru.

“Poin penting kami harus melihat kadar air tanahnya, karena sirkuit berbeda dengan jalan biasa,” katanya.

Ia mengatakan, akhir tahun dipastikan telah beres mengurus administrasi dan tahun 2020 masuk pada pengerjaan konstruksi. “Mohon doanya saja, agar bisa terlaksana dengan sesegera mungkin,” pungkasnya.

(dil)